Cara Mengurangi Ukuran Data Aplikasi Yang Terus Bertambah

Cara Mengurangi Ukuran Data Aplikasi Yang Terus Bertambah

KEPOINDONESIA.id - Membeli smartphone dengan penyimpanan 64GB apakah besar? untuk sekarang ini terbilang pas-pasan. Karena semua aplikasi semakin besar ukuran file nya serta datanya sangat cepat bertambah. Bertambah yang seperti apa?.

Misalnya saat awal install ukuran aplikasi tersebut 100MB. Tetapi setelah 6 bulan atau 1 tahun kalian gunakan kalian cek di info aplikasi size nya menjadi 500MB lebih. Apalagi aplikasi-aplikasi online yang mudah menyimpan data.

Saya jamin size nya bisa sampai 1GB dengan cepat. Besarnya ukuran data aplikasi terbilang sangat meresahkan karena membuat penyimpanan menjadi penuh. Yang harusnya bisa untuk menyimpan file lainnya tetapi hanya untuk menyimpan data aplikasi.

Apa bisa mengurangi ukuran data aplikasi? tentu saja bisa. Khususnya di perangkat Android yang memang ada pengaturan untuk ini. Jadi bisa dibilang pembahasan kali ini mengenai cara mengurangi ukuran data aplikasi di perangkat Android.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca pembahasan lainnya. Seperti solusi mengatasi pesan di DM Instagram tidak bisa dilihat serta solusi mengatasi tidak bisa terhubung ke server di game online yang dibuat oleh EA.

Hapus Data Aplikasi


Cara paling mudah yaitu dengan menghapus data aplikasi. Menghapus data aplikasi sebenarnya tidak beresiko khususnya aplikasi yang menyimpan datanya di akun seperti sosial media. Tetapi jika disimpan di perangkat seperti WhatsApp tindakan tersebut tidak boleh dilakukan secara gegabah.

Jadi khusus untuk aplikasi yang memang aman dan rata-rata 99% aplikasi aman untuk dihapus datanya. Silakan kalian akses info aplikasi dan tekan hapus data aplikasi. Maka semua data akan terhapus dan aplikasi layaknya aplikasi yang baru saja kalian install.

Tidak Perlu Install Aplikasi Tersebut


Menghapus data aplikasi sifatnya sementara, karena jika kalian sering membuka aplikasi tersebut dan aplikasi tersebut wajib terhubung ke internet sudah dipastikan data aplikasinya akan cepat bertambah dan banyak lagi.

Jadi jika dirasa kalian tidak terlalu butuh aplikasi tersebut lebih baik tidak perlu menginstallnya atau jika sudah kalian install bisa di uninstall saja. Selain hapus data aplikasi jika tidak ingin repot lagi kalian tidak usah menggunakan aplikasi tersebut.

Dulu saat saya masih menggunakan HP Android dengan penyimpanan yang pas-pasan alias selalu penuh saya sampai bingung ingin menghapus data aplikasi apa. Sampai-sampai yang menjadi langganan saya hapus datanya yaitu Layanan Google Play.

Karena memang aplikasi ini jarang saya gunakan tetapi ukuran data aplikasinya terbilang besar. Apalagi game online seperti Mobile Legends pasti ukuran data aplikasinya sangat banyak. Untuk menghindari masalah serupa minimal beli HP dengan penyimpanan 64GB, 128GB lebih baik.

Sekian pembahasan dari saya mengenai cara mengurangi data aplikasi pada perangkat Android yang cepat bertambah dan membengkak. Sebelum saya akhiri jika kalian sebal karena sedang asik edit foto lewat PixelLab tetapi muncul iklan kalian bisa baca artikel mengenai cara menghilangkan iklan tersebut.


EmoticonEmoticon