Solusi Mengatasi Tidak Bisa Menggunakan Musik atau Sound Yang Ada di TikTok

Solusi Mengatasi Tidak Bisa Menggunakan Musik atau Sound  Yang Ada di TikTok

KEPOINDONESIA.id - Kesulitan saat menjadi konten kreator yaitu ketika ingin menggunakan backsound atau suara latar dari sebuah lagu dan musik. Penggunaan backsound sebenarnya tidak wajib apabila video memiliki audio asli seperti orang berbicara.

Tetapi jika video tidak memiliki audio asli atau audio asli harus di hilangkan penggunaan backsound sangat diwajibkan. Bisa saja mengunggah video tanpa audio sama sekali, tetapi ini sangat tidak layak untuk ditonton.

Dan minimal harus menggunakan backsound supaya isi video lebih meriah dan tersampaikan. Yang menjadi masalah kita hanya bisa menggunakan backsound dari musik atau lagu yang ada yang dibuat oleh orang lain.

Karena bukan buatan kita klaim hak cipta bisa kita terima kapan saja. Oleh karena itu masalah tidak bisa menggunakan musik, audio, atau lagu akan sering kalian temui di TikTok. Karena TikTok tau dan memperingatkan kalian bahwa kedepannya bisa merusak akun dan video TikTok yang sudah kalian unggah.

Kenapa tidak bisa menggunakan audio atau musik yang ada di TikTok? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca kenapa video di YouTube Shorts tidak ada yang menonton serta melihat video YouTube yang terkena klaim hak cipta.

Akun Bisnis di TikTok Tidak Bisa Menggunakan Musik


Bagi kalian yang belum tau kategori akun Bisnis yang ada di TikTok tidak bisa menggunakan musik, sound, atau audio yang ada di TikTok karena memang semua audio dan sound yang ada di TikTok tidak diperuntukan untuk komersial.

Walaupun semua audio yang ada di TikTok ada yang memiliki lisensi bebas digunakan tetapi untuk akun Bisnis memang tidak bisa. Harus edit sound atau audio langsung lewat aplikasi video editing dan jika bisa memiliki lisensi untuk menggunakan audio atau musik tersebut.

Bukan Akun Bisnis Tetapi Tidak Bisa Menggunakan Musik


Akun TikTok kalian bukan akun Bisnis tetapi kenapa tidak bisa menggunakan beberapa musik? ini bisa terjadi. Yang jelas bukan karena akun kalian bermasalah melainkan kendala ada di audio yang ingin kalian gunakan.

Sebagai contoh beberapa audio ada yang tidak bisa digunakan di Indonesia. Jadi jika kalian ingin menggunakan audio tersebut kalian tidak akan bisa. Gunakan saja audio yang memang populer di Indonesia karena sudah dipastikan audio tersebut menarik banyak penonton dan aman digunakan.

Saya akui backsound sangat penting dan walaupun video memiliki audio asli tidak ada salahnya menambahkan backsound. Hanya saja kalian perlu tau untuk backsound volume jangan terlalu tinggi dan jika bisa serendah mungkin tetapi masih terdengar.

Backsound memberikan efek ketenangan saat menonton video, jika terlalu keras jelas bisa mengganggu khususnya mengganggu audio asli. Dan jika terlalu kecil volumenya sama saja percuma menggunakan musik atau lagu tersebut sebagai backsound.

Tidak perlu khawatir asalkan tidak ada peringatan hak cipta artinya kalian belum terjebak menggunakan audio yang salah. Dan sebelum saya akhiri apabila kalian belum tau cara menghilangkan konten mencakup hak cipta di video YouTube kalian bisa artikel mengenai cara menghilangkan dan mengatasinya.


EmoticonEmoticon