Fungsi Fitur Jarak Layar di HP iPhone di iOS 17

Fungsi Fitur Jarak Layar di HP iPhone di iOS 17

KEPOINDONESIA.id - Menatap layar HP setiap orang semakin sering ketika sedang memegang HP. Khususnya sebuah smartphone yang bisa melakukan apapun. Karena bisa melakukan apapun seseorang akan semakin sering menggunakan perangkat yang mereka miliki.

Untuk membatasi, memantau, dan memberikan peringatan kepada pengguna smartphone di sistem operasi Android dan iOS ada fitur yang ditujukan untuk kesehatan. Di Android sendiri fitur ini disebut dengan Kesehatan Digital sedangkan di iOS disebut Durasi Layar.

Antara Durasi Layar dan Kesehatan Digital fitur yang ada di dalamnya jelas berbeda karena berjalan di sistem operasi yang berbeda pula. Tetapi secara dasar memiliki tujuan dan kegunaan yang sama untuk mengatur pengguna ketika menggunakan smartphone.

Nah di menu Durasi Layar di iOS pada iPhone atau iPad ada yang namanya Jarak Layar atau Screen Distance. Fitur ini akan tersedia di iOS 17, jadi fitur ini belum banyak diketahui karena memang iOS 17 belum resmi dirilis.

Apa kegunaan fitur ini dan bagaimana cara mengaktifkan dan menonaktifkannya? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca kenapa rotasi layar tidak berfungsi serta fungsi dari fitur inversi warna dan koreksi warna.

Fungsi Fitur Jarak di iOS Pada Perangkat iPhone dan iPad


Fungsinya yaitu untuk menjaga mata supaya tidak terlalu dekat dengan layar HP. Dengan bantuan sensor True Depth yang ada di iPhone dengan keamanan Face ID akan memberikan peringatan ketika jarak antara mata dengan layar kurang dari 30cm.

Jadi jika kalian sering menatap layar secara dekat atau tidak sadar tiba-tiba sudah dekat kalian bisa aktifkan fitur ini. Dengan syarat iPhone yang kalian miliki menggunakan sistem keamanan Face ID seperti iPhone X keatas dan sudah berada di iOS 17 yang akan dirilis sebentar lagi.

Cara Mengaktifkan Screen Distance atau Jarak Layar di iPhone dan iPad


Karena rata-rata masih menggunakan iOS 16 maka di menu Durasi Layar tidak ada pilihan Jarak Layar. Tetapi jika sudah di iOS 17 silakan kalian perlu ke pengaturan Durasi Layar dan pilih Jarak layar.

Selanjutnya kalian aktifkan jika ingin diaktifkan. Sedangkan jika kalian ingin menonaktifkanya silakan kalian nonaktifkan atau matikan di menu ini juga. Jika sudah aktif fitur akan bekerja dan akan tampil peringatan bahwa iPhone terlalu dekat.

Saya kira fitur ini bisa sangat mengganggu jika kalian belum terbiasa. Tetapi demi kesehatan mata saya kira bukan masalah besar. Hanya tunggu sampai menjadi kebiasaan saja dengan jarak 30 cm saya kira tidak jauh dan tidak akan membuat kita pegal-pegal.

Layar iPhone sendiri sudah sangat nyaman dipandang khususnya yang sudah OLED. Supaya lebih maksimal kalian juga bisa aktifkan True Tone yang bisa membuat warna layar HP menjadi lebih hangat atau dingin.

Sekian pembahasan kali ini mengenai fitur jarak layar di iPhone dan iPad yang akan tersedia di iOS 17. Sebelum saya akhiri apabila kalian bingung dengan burn in atau bayangan di layar HP yang kalian miliki kalian bisa lakukan cara sederhana untuk menghilangkannya.


EmoticonEmoticon