Fungsi Fitur Inversi Warna dan Koreksi Warna

Fungsi Fitur Inversi Warna dan Koreksi Warna

KEPOINDONESIA.id - Kualitas sebuah layar berbeda-beda tergantung banyaknya faktor. Salah satu faktor utamanya yaitu software yang digunakan dan hardware yang digunakan. Selain karena kedua faktor tersebut ada faktor lainnya yang tidak kita ketahui.

Misalnya kalian membeli sebuah HP Android dengan merek dan type yang sama. Setelah di bandingkan kualitas layar keduanya sedikit berbeda walaupun hanya sedikit sekali. Sebenarnya hal tersebut tidaklah menjadi masalah.

Asalkan tidak ada dead pixel, shadow, atau burn in. Nah salah satu fitur yang bisa kalian manfaatkan untuk merubah tampilan layar yaitu fitur Inversi Warna dan Koreksi Warna. Mungkin kalian sudah tau apa itu Inversi Warna.

Inversi Warna beberapa saat yang lalu cukup populer karena banyak yang mengatakan bahwa fitur ini adalah fitur Dark Mode, akan tetapi nyatanya bukan. Dark Mode dan Inversi memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda.

Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan tentang fungsi Inversi Warna dan Koreksi Warna. Kenapa saya bahas Koreksi Warna juga? karena fitur tersebut kebalikan dari fitur Inversi yang fungsinya juga sama-sama penting.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti apa yang dimaksud dengan HP Masih segel serta cara mudah mengaktifkan kecerahan otomatis di Android

Inversi Warna


Fitur ini dapat menginversi warna teks dan latar belakang atau background pada perangkat yang kalian gunakan. Jika di aktifkan inversi warna akan menampilkan teks dalam warna putih sedangkan latar belakang akan berubah menjadi warna hitam.

Karena warna hitam dan putih hasil inversi maka warnanya cenderung pucat tidak seperti warna hitam dan putih hasil mode gelap atau Dark Mode. Seperti namanya, setelah warna di balikan maka cahaya yang mata kita terima menjadi lebih sedikit layaknya menggunakan fitur Dark Mode.

Koreksi Warna


Berbeda dengan Inversi yang membalikkan warna, Koreksi Warna akan meningkatkan warna yang ada. Mudahnya fitur ini salah satu fitur khusus bagi pengguna yang memiliki kelainan buta warna.

Di Android ada 3 pilihan mode koreksi yaitu Deuteranomali (merah-hijau), Protanomali (merah-hijau), dan Tritanomali (biru-kuning). Untuk bisa mencoba kedua fitur tadi kalian cukup akses menu Aksesibilitas di Pengaturan atau Setelan.

Bagi sebagian orang yang sudah lama menggunakan perangkat Android mungkin tidak tau tentang kedua fitur tadi. Karena saya yakin hanya sebagian orang saja yang mengakses menu Aksesibilitas di Setelan.

Cukup sekian penjelasan dari saya semoga kalian terbantu. Tidak tau cara cek DPI layar HP yang kalian miliki? jika kalian tidak tau cara cek jumlah DPI atau kerapatan layar kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon