4 Tips Cara Menolak Tawaran Penjual di Pasar

4 Tips Cara Menolak Tawaran Penjual di Pasar

KEPOINDONESIA.id - Salah satu alasan kenapa beberapa orang enggan belanja di pasar khususnya pasar tradisional yaitu karena sering ditawari oleh penjual. Hampir semua penjual akan menawari kita walaupun kita hanya lewat dan tidak memperhatikan jualan mereka sama sekali.

Bagi yang sudah biasa ini bukan perihal yang besar. Tinggal lewat saja atau bisa tolak dengan cara halus atau dalam bahasa jawa bisa menggunakan kata "mboten" atau "matursuwun". Tetapi apakah ada tips ketika selalu ditawari oleh penjual di pasar?.

Lebih tepatnya bukan tips melainkan cara yang bisa kalian tiru apabila kalian merasa tidak enak. Saya sendiri pernah membahas mengenai cara menolak tawaran sales HP yang sering ada di mall. Tips yang akan saya bahas kali ini kemungkinan hampir sama

Untuk lebih jelasnya langsung saja saya bahas apa tipsnya. Namun sebelum lanjut kalian bisa artikel menarik lainnya yang mungkin menarik bagi kalian. Seperti cara menolak ketika ada sales door to door serta tips ketika nego ditempat supaya deal dengan harga yang murah.

Jawaban Untuk Menolak Tawaran Penjual di Pasar


Tetap Jalan atau Biarkan Saja


Cara pertama yang paling mudah yaitu dengan membiarkan saja dan kita tetap jalan. Penjual tau bahwa kita bukannya sombong tetapi memang bukan jualan mereka yang kita dicari. Penjual di pasar selalu menawarkan ke siapapun merupakan sebuah usaha karena tidak ada salahnya berusaha.

Tolak Dengan Jawaban


Jawabannya sesuai dengan bahasa daerah kalian. Berhubung saya tinggal di Jawa biasanya kalimat yang digunakan untuk menolak yaitu "Mboten bu" apabila penjualnya ibu-ibu dan "Mboten pak" apabila penjualnya bapak-bapak.

Katakan Bahwa Kalian Hanya Mengantar


Apabila penolakan biasa tetap ditawari terus kalian bisa katakan bahwa kalian kesana hanya untuk mengantar seseorang. Bisa orang tua kalian, pasangan kalian, ataupun teman kalian. Cara ini cukup manjur dan bisa kalian coba.

Sudah Dapat Yang Dicari


Cara terakhir apabila hanya mengantarkan saja tetap ditawari kalian bisa perjelas seperti sudah mendapatkan barang yang dicari. Walaupun sebenarnya belum kalian beli asalkan ada barang di tas yang kalian bawa alasan ini bisa kalian gunakan.

Saya sendiri biasanya terus jalan apabila sedang ditawari oleh penjual-penjual yang ada di pasar. Kita tau bahwa mereka berusaha menawarkan dan penjual tau bahwa jualan mereka bukan yang kita dicari. Jadi apa kesimpulannya?.

Kesimpulannya tidak usah merasa tidak enakan. Bagi kalian yang pandai bicara mungkin bisa sedikit bercanda dengan penjual. Dengan sedikit bercanda walaupun tidak membeli kalian akan membuat penjual sedikit dihargai.

Sebelum saya akhiri apabila kalian baru mencoba berjualan atau sebagai reseller kalian bisa baca artikel yang menurut saya penting yaitu cara menghitung keuntungan atau markup secara online dengan mudah dan tanpa ribet.


EmoticonEmoticon