4 Cara Memperbaiki Receiver Parabola Tidak Ada Sinyal Secara Tiba-Tiba

4 Cara Memperbaiki Receiver Parabola Tidak Ada Sinyal Secara Tiba-Tiba

KEPOINDONESIA.id - Saat asik sedang nonton TV mungkin kalian pernah mengalami tiba-tiba muncul tulisan tidak ada sinyal di layar televisi yang kalian miliki. Bagi kalian pengguna parabola seharusnya tidak asing dan sudah biasa.

Tidak ada sinyal juga bisa kalian lihat pada indikator receiver apabila di receiver yang kalian miliki terdapat indikator kekuatan sinyal. Atau kalian bisa tekan tombol "i" di remote receiver untuk melihat sinyal yang ditangkap.

Masalah ini hal biasa dan apabila masuk musim penghujan akan sering kalian alami. Ketika receiver tidak ada sinyal bagaimana cara mengatasinya? untuk cara mengatasinya sebenarnya mudah saja bahkan terkadang kalian tidak perlu melakukan apapun.

Apa yang saya bahas berlaku untuk semua receiver baik Nex Parabola, K-Vision, Matrix, atau yang lain jika ada. Tidak perlu begitu khawatir karena terkadang sinyal parabola juga bermasalah alias tidak selalu lancar.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan cara mengatasinya kalian bisa baca artikel menarik lainnya yang akan saya bahas. Seperti perbedaan frekuensi radio AM dan radio FM serta cara cek SMC ID atau nomor pelanggan Nex Parabola.

Tunggu Karena Sinyal Parabola Yang Gangguan


Cara paling mudah yaitu kalian bisa tunggu saja khususnya jika tiba-tiba di lokasi kalian hujan deras. Tidak ada yang bisa kalian lakukan karena sinyal parabola terhalang dari hujan jadi yang bisa kalian lakukan hanya menunggu.

Periksa Konektor Penghubung di Belakang Receiver


Yang berikutnya kalian bisa periksa konektor penghubung yang ada di belakang receiver. Silakan kalian periksa apakah kendor atau tidak. Walaupun terlihat kencang biasanya kendor jadi receiver tidak mendapatkan sinyal dari antena.

Matikan Receiver Terlebih Dahulu


Apabila bisa dengan remote silakan kalian matikan dengan remote. Tetapi jika dengan remote receiver tidak merespon kalian bisa matikan receiver dengan tombol power yang ada di receiver dan kemudian hidupkan lagi receiver nya.

Ganti Kabel RCA Dengan Yang Lain


Kabel RCA merupakan kabel 3 warna yang menghubungkan receiver dengan TV. Silakan kalian ganti kabel tersebut jika ada indikasi kabel sudah bermasalah. Alias ganti kabel RCA terlebih dahulu sebelum menyimpulkan bahwa receiver nya rusak.

Ada banyak kendala mengenai tidak ada sinyal di antena parabola. Yang paling umum karena gangguan sinyal jadi kalian hanya perlu menunggunya saja dan tidak perlu melakukan apapun karena akan normal sendiri.

Selain itu jika tidak ada sinyal dan receiver blank kalian bisa matikan paksa receiver dengan tombol power yang ada di receiver. Karena dengan remote tidak akan berfungsi karena receiver blank dan tidak akan dapat merespon remote.

Sekian pembahasan dari saya mengenai siaran parabola yang tidak ada sinyal. Sebelum saya akhiri apabila kalian mengalami remote TV tidak berfungsi kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon