Penyebab SIM 2 Tidak Bisa Menggunakan Jaringan 4G

Penyebab SIM 2 Tidak Bisa Menggunakan Jaringan 4G

KEPOINDONESIA.id - Umumnya pada HP Dual SIM slot SIM yang digunakan untuk internetan yaitu SIM 1. Ada beberapa alasan kenapa SIM 1 paling banyak digunakan yaitu secara default SIM 1 mudah dipilih daripada SIM 2. Dan yang kedua SIM 1 biasanya didukung secara penuh daripada SIM 2.

Apa yang dimaksud dengan mudah dipilih? untuk HP dengan Dual SIM pilihan untuk Data Seluler, SMS, dan Panggilan ada 3 pilihan. Bisa SIM 1, SIM 2, atau Selalu Tanya. Misalnya kalian pilih Selalu Tanya memilih SIM 1 lebih banyak dilakukan daripada SIM 2.

Karena angka 1 seperti sudah tercatat di dalam otak kita dan harus ditekan. Seperti pada judul artikel, kenapa SIM 2 tidak muncul jaringan 4g ketika kalian memilih dan menggunakan SIM 2 sebagai data seluler?.

Ada beberapa penyebabnya. Saya yakin masih banyak yang belum tau dan bingung. Oleh karena itu kali ini saya akan membahas mengenai penyebab SIM 2 di HP Android tidak bisa menggunakan jaringan 4g padahal SIM 1 bisa dan menggunakan kartu SIM yang sama.

Namun sebelum lanjut ke artikelnya kalian bisa baca artikel mengenai masalah sinyal bulat di HP Samsung serta apa kelemahan mengaktifkan semua SIM di HP Dual SIM daripada hanya mengaktifkan 1 SIM saja.

SIM 2 Tidak Mendukung 4g


Bagi kalian yang belum tau, antara SIM 1 dan SIM 2 menggunakan part yang berbeda jadi dukungan jaringannya berbeda. Misalnya SIM 1 bisa 4g tetapi di SIM 2 tidak pasti bisa saja hanya mendukung 3g bahkan 2g.

Untuk HP keluaran 4 tahun yang lalu masih banyak yang koneksi 4g nya hanya ada di SIM 1 saja sedangkan di SIM 2 masih 2g. Untuk sekarang saya kurang tau tetapi jika SIM 2 hanya mendukung 2g sampai kapanpun jaringan 4g tidak akan bisa digunakan di SIM 2.

Fitur Dual 4g Belum Aktif


Apabila HP Kalian sudah support 4g di kedua SIM nya tetapi ternyata di SIM 2 hanya bisa 3g atau 2g ini disebabkan karena dual 4g belum diaktifkan. Ada yang secara otomatis aktif dan ada yang secara default tidak aktif. Kenapa secara default tidak aktif?.

Tentu saja untuk menghemat penggunaan baterai. Apabila dual 4g aktif tetapi nyatanya kalian menggunakan SIM 1 untuk internetan maka sama saja sia-sia. Jadi jika kalian ingin internetan menggunakan jaringan 4g di SIM 2 silakan aktifkan dual 4g di pengaturan koneksi seluler. 

Selain apa yang sudah saya sebutkan saya kurang tau pasti apakah ada faktor penyebab lainnya. Yang jelas dan yang paling umum yaitu karena SIM 2 belum mendukung 4g dan karena dual 4g untuk SIM 2 belum diaktifkan.

Sesuaikan saja sesuai dengan kebutuhan. Misalnya SIM 1 khusus untuk internetan dan SIM 2 khusus untuk SMS dan nelpon. Apabila penggunaan baterai lebih boros daripada menggunakan single SIM ini wajar sekali jadi kalian tidak perlu khawatir.

Itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri apabila kalian mengalami tidak ada internet ketika ingin terhubung ke jaringan wifi kalian bisa baca artikel mengenai tidak ada internet di wifi yang kalian gunakan.


EmoticonEmoticon