3 Kelemahan HP Dual SIM, Bikin Boros Baterai

3 Kelemahan HP Dual SIM, Bikin Boros Baterai

KEPOINDONESIA.id - Dulu smartphone seperti Android jarang yang menggunakan Dual SIM. Hanya beberapa HP tanpa OS yang menggunakan pilihan Dual SIM baik HP China, Lokal atau HP non China. Tetapi tidak untuk sekarang ini.

Bisa dikatakan Dual SIM adalah syarat utama HP jaman sekarang khususnya di Indonesia. HP Android kini banyak yang menggunakan dukungan 2 kartu SIM baik menggunakan slot SIM Hybrid atau Triple slot.

Kalian bisa memasang 2 kartu perdana yang kalian miliki ke HP kalian. Baik operator yang sama ataupun beda operator tidak menjadi masalah. Pada smartphone sekarang tidak ada perbedaan sinyal antara SIM 1 dan SIM 2 karena keduanya sudah support jaringan 4g.

Hanya saja untuk 4G Smartfren terkadang di beberapa HP Android SIM 2 nya tidak support karena Smartfren butuh dukungan VoLTE. Banyak keuntungan dan keunggulan jika kalian menggunakan HP Dual SIM.

Tetapi kali ini saya akan menjelaskan kekurangan dan kelemahan jika kalian menggunakan HP dengan Dual SIM Card. Mungkin saja masalah yang kalian alami selama ini disebabkan karena kalian menggunakan 2 kartu perdana pada HP yang kalian miliki.

Namun sebelum saya lanjutkan pembahasannya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara mengaktifkan VoLTE miliki Smartfren serta solusi pulsa Indosat hilang sendiri.

Kelemahan Menggunakan HP Dual SIM


1. Boros Baterai


Yang pertama yang jelas akan terjadi yaitu membuat HP kita terlihat boros. Bukan terlihat boros, memang ini benar-benar membuat pemakaian baterai menjadi lebih banyak. Seperti yang kita ketahui sistem terus mencari sinyal supaya perangkat yang kalian miliki selalu memiliki sinyal yang tersedia.

Pemakaian baterai akan 2x lebih banyak jika kalian menggunakan Dual SIM Card. Apalagi jika jaringan di sekitar kalian tidak bagus alias sangat lemah. Penggunaan baterai akan lebih banyak lagi karena sistem terus berusaha mencari sinyal untuk kedua kartu yang kalian gunakan.

2. Boros Pulsa


Jelas akan lebih boros jika kalian menggunakan 2 kartu sekaligus. Kalian harus membeli pulsa untuk kedua nomor supaya nomor tersebut dapat digunakan. Jika nomor tersebut tidak berguna lebih baik kalian copot atau matikan saya di pengaturan data seluler.

3. Ribet


Kelemahan terakhir yaitu ribet. Ini salah satu kelemahan yang bikin saya jengkel. Karena jika kita menggunakan 2 kartu sekaligus maka untuk mengirim SMS atau melakukan panggilan Telepon harus memilih terlebih dahulu ingin menggunakan SIM 1 atau SIM 2.

Yang biasanya menjadi masalah yaitu ingin melakukan panggilan atau ingin mengirimkan SMS menggunakan SIM 2 tetapi terpencet SIM 1. Jika hal tersebut sudah terjadi maka pulsa yang ada di SIM 1 akan berkurang.

Nah itu dia beberapa kelemahan jika kalian menggunakan 2 kartu perdana dalam satu HP. Memang ada beberapa orang yang membutuhkan 2 nomor aktif dalam 1 HP, tetapi bagi kalian yang hanya menggunakan satu nomor aktif tetapi yang satu tidak digunakan lebih baik tidak usah dipasang.

Selain itu bagi kalian yang menggunakan kartu perdana dari 3 kalian bisa baca solusi mengatasi iklan dari SIM Toolkit. Pop up iklan dari kartu Tri tidak akan hilang jika tidak kalian nonaktifkan.


EmoticonEmoticon