Penyebab Pesanan Tidak Bisa Dibatalkan di Marketplace

Penyebab Pesanan Tidak Bisa Dibatalkan di Marketplace

KEPOINDONESIA.id - Membatalkan pesanan bisa kalian lakukan apabila kalian berubah pikiran. Misalnya ternyata kalian masih memiliki produk serupa dirumah, menemukan produk yang lebih murah di toko lain, atau karena kalian sudah membelinya secara offline dan sudah tidak perlu lagi.

Baik di Shopee, Bukalapak, Lazada, atau Tokopedia kita sebagai pembeli bebas ingin membatalkan pesanan. Selama ada tombol batalkan kalian bisa dengan bebas membatalkan termasuk membatalkan karena berubah pikiran dan tidak jadi membelinya.

Apabila sudah kalian bayar untuk bisa membatalkan pesanan kalian harus batalkan secara manual dan pastikan ada tombol batalkan pesanan. Tetapi jika belum kalian bayar pesanan akan dibatalkan secara otomatis apabila dalam waktu 1x24jam atau 2x24jam pesanan tidak kunjung kalian bayar.

Pesanan memang bisa kita batalkan selama ada tombol batalkan pesanan. Bagaimana jika ada tombol batalkan pesanan dan kalian sudah mencoba membatalkan tetapi ternyata tetap tidak batal melainkan tetap di proses hingga pesanan di kirimkan? ini ada faktor penyebab lainnya.

Untuk tau kenapa pesanan di marketplace tidak bisa dibatalkan kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara membayar tagihan SPayLater Shopee serta apa yang terjadi apabila tombol pesanan diterima tidak sengaja tertekan tetapi paket belum sampai. 

Belum Mengonfirmasi Proses Pembatalan


Setelah menekan tombol batalkan pesanan biasanya ada beberapa opsi atau pilihan yang perlu kalian pilih. Sebagai contoh alasan kalian melakukan pembatalan pesanan, pilih salah satu yang ada atau lainnya ketika kalian benar ingin membatalkan pesanan.

Pesanan Sudah Dikemas


Apabila pesanan sudah dibuat dan menunggu dikemas kalian bisa membatalkannya kapan saja dan kemungkinan tanpa persetujuan penjual. Tetapi jika sudah dikemas dan kalian baru mengajukan pembatalan bisa saja proses pembatalan akan ditolak oleh penjual.

Mengajukan Pembatalan Ketika Paket Sudah Dikirim


Apabila paket sudah dikirim kalian tidak akan bisa membatalkan pesanan karena paket sudah ada di jasa pengiriman. Pilihannya hanya satu yaitu terima paket jika sudah sampai dan koordinasikan dengan penjual bahwa kalian ingin mengembalikan barang.

Asalkan barang belum dikirim dan belum dibawah oleh jasa pengiriman dengan bantuan penjual kalian bisa membatalkan pesanan yang sudah kalian buat. Apalagi jika belum dikemas kalian bisa membatalkannya dengan mudah dan cepat. 

Ada banyak alasan kenapa pembeli membatalkan pesanan. Yang pernah saya alami yaitu karena ukuran tidak sesuai. Daripada kecewa lebih baik saya batalkan dan beli ulang dengan ukuran yang memang sesuai dengan ukuran saya. 

Itu saja pembahasan kali ini kenapa pesanan di marketplace tidak bisa dibatalkan baik di Tokopedia, Shopee, Lazada, atau yang lainnya. Sebelum saya akhiri apabila kalian belum tau mengenai promo pelanggan baru di TikTok kalian bisa artikel mengenai pembahasan tersebut. 


EmoticonEmoticon