Cara Mengedit Foto Yang Gelap Menjadi Terang Dengan Mudah

Cara Mengedit Foto Yang Gelap Menjadi Terang Dengan Mudah

KEPOINDONESIA.id - Hasil foto yang gelap memang kurang bagus apabila di posting di status WhatsApp ataupun di sosial media. Gelap saat memotret foto tidak bisa dihindari apabila lingkungan dan situasi tidak mendukung.

Untuk mengakali hasil foto yang gelap sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan. Cara paling mudah dan dijamin hasilnya bagus yaitu menggunakan filter. Tetapi tidak banyak filter yang bisa membuat foto gelap menjadi terang lebih dari 50%.

Walaupun tidak banyak tetapi masih ada beberapa filter yang membuat foto gelap atau sedikit kurang terang menjadi lebih terang dan bagus. Tetapi sayangnya kali ini saya tidak akan membahas hal tersebut.

Melainkan yang akan saya bahas yaitu mengenai cara membuat foto yang hasilnya sedikit gelap menjadi lebih terang dan bagus. Cara yang akan saya lakukan kali ini yaitu cara manual dengan meningkatkan beberapa setelan.

Untuk tau bagaimana caranya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai supaya tau cara mencerahkan foto dengan mudah. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca cara menambah tulisan lewat aplikasi Microsoft Paint serta cara menambah emoji atau emoticon di gambar atau foto tanpa aplikasi tambahan.

Cara Membuat Foto Yang Gelap Menjadi Terang dan Cerah


1. Bebas kalian ingin menggunakan aplikasi editing apa, sebagai contoh saya menggunakan fitur edit yang ada di Galeri bawaan Xiaomi

2. Yang pertama kalian bisa naikkan Pencahayaan secukupnya

Yang pertama kalian bisa naikkan Pencahayaan secukupnya

3. Setelah Pencahayaan silakan kamu naikkan Kecerahan

Setelah Pencahayaan silakan kamu naikkan Kecerahan

4. Selanjutnya Kontras

Selanjutnya Kontras

5. Yang terakhir silakan tingkatkan Saturasi

Yang terakhir silakan tingkatkan Saturasi

Untuk edit manual memang sulit, tetapi jika kalian menaikkan Pencahayaan, Kecerahan, Kontras, dan Saturasi foto yang sebelumnya gelap akan menjadi lebih terang. Untuk hasil yang lebih bagus alias tidak terang saja kalian bisa atur opsi lainnya yang tersedia. 

Atau jika ingin lebih mudah, cepat, dan bagus hasilnya kalian bisa gunakan filter. Carilah filter yang mencerahkan foto yang kalian miliki tadi. Apabila sudah cerah dan perlu di edit kembali kalian bisa edit lagi asalkan fotonya sudah lebih cerah. 

Sebelum saya akhiri apabila kalian bingung kenapa foto dan gambar lama yang kalian miliki tidak bisa dibuka kalian bisa baca artikel mengenai hal tersebut. Ada alasan kenapa foto dan gambar lama tidak bisa dibuka dan kalian perlu tau apa itu alasannya. 


EmoticonEmoticon