Solusi Mengatasi e-Money Tidak Terbaca Saat Cek Saldo atau Top Up

Solusi Mengatasi e-Money Tidak Terbaca Saat Cek Saldo atau Top Up

KEPOINDONESIA.id - Menggunakan fitur NFC untuk mengecek saldo e-money memang terkadang sulit terbaca bahkan setelah beberapa kali percobaan tetap tidak terdeteksi. Bagi yang tidak tau, e-money hanya bisa dihubungkan pada perangkat yang mendukung NFC.

Jadi apabila perangkat atau HP yang kalian miliki tidak ada NFC nya dan tidak bisa cek saldo ini sangat wajar. Fitur NFC harus diaktifkan ketika ingin digunakan, sedangkan untuk di iPhone keluaran terbaru NFC akan aktif secara otomatis ketika dibutuhkan.

Apa masalah e-money tidak terdeteksi ketika ingin di cek saldonya atau saat ingin top up saldo disebabkan karena kurang tepat memposisikan kartu e-money? tentu saja tidak. Ada beberapa faktor lainnya yang bisa mempengaruhi hal tersebut. 

Ada beberapa faktor penyebab dan memang penyebab utamanya karena posisi nya tidak atau kurang tepat. Untuk tau apa saja yang bisa menyebabkan e-money tidak tedeteksi dan bagaimana solusi mengatasinya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti solusi fitur reverse charging yang tidak berfungsi serta apabila saldo e-money tidak langsung bertambah ketika di top up kalian bisa baca artikel mengenai hal tersebut.

Posisi Kartu Kurang Tepat, Penyebab pertama yaitu karena posisi kartu e-money kurang tepat. Posisikan kartu di belakangan HP atau lebih tepatnya di dekat kamera karena rata-rata NFC berada di dekat modul kamera.

Aplikasi Pendukung Tidak Sesuai, Sebagai contoh untuk Mandiri e-Money kalian bisa menggunakan aplikasi Livin. Apabila kalian menggunakan Flazz dari BCA dan ingin cek saldo lewat aplikasi Livin maka tidak akan bisa.

NFC Error, Error disini hanyalah error ringan. Cukup kalian matikan NFC dan aktifkan kembali. Atau jika perlu silakan reboot perangkat yang kalian miliki.

Jadi e-money yang tidak terdeteksi bisa terjadi karena beberapa faktor. Dan yang paling umum karena kurang tepat memposisikan kartu e-money. Selain itu bagi orang awam masih banyak yang tidak tau terkadang e-money hanya bisa terdeteksi di aplikasi yang memang sudah peruntukannya.

Pentingnya sedia beberapa e-money dari perusahaan yang berbeda untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan ini. Jadi apabila kepepet kalian bisa gunakan e-money lainnya supaya aktivitas kalian tidak terganggu.

Sekian pembahasan dari saya sebelum saya akhiri apabila kalian mengalami joystick yang kalian miliki tidak terdeteksi kalian bisa baca artikel mengenai solusi mengatasi joystick yang tidak terdeteksi saat ingin digunakan.


EmoticonEmoticon