3 Solusi Gamepad atau Joystick Tidak Terdeteksi

3 Solusi Gamepad atau Joystick Tidak Terdeteksi

KEPOINDONESIA.id - Joystick dan Gamepad merupakan aksesoris yang biasa digunakan untuk menikmati game di perangkat desktop dan mobile. Joystick bisa kalian gunakan saat bermain game di perangkat desktop sedangkan Gamepad bisa kalian gunakan saat bermain game di perangkat mobile.

Alasan kenapa banyak pengguna menggunakan Joystick dan Gamepad karena kontrol permainan akan menjadi lebih mudah layaknya bermain game yang ada di PS. Ada analog dan tombol yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.

Banyak yang kurang puas bermain game hanya mengandalkan mouse dan keyboard yang ada di Komputer atau Laptop. Dan ada yang tidak puas bermain game hanya mengandalkan tombol virtual yang tampil di layar.

Tetapi masalahnya saat ingin menghubungkan Gamepad atau Joystick kedua aksesoris ini tidak terdeteksi oleh perangkat dan tidak bisa langsung digunakan. Hal tersebut membuat pengguna kebingungan.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi? tentu saja bisa karena ini merupakan aksesoris eksternal. Sebelum terhubung dengan benar lewat USB, Bluetooth, ataupun wireless maka Gamepad dan Joystick tidak bisa digunakan.

Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan beberapa solusi untuk mengatasi Gamepad dan Joystick yang tidak bisa terhubung atau tidak bisa digunakan. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi mengatasi USB OTG tidak terhubung serta mengatasi NFC tidak berfungsi.

Solusi Gamepad atau Joystick Tidak Bisa Digunakan


1. Hubungkan Dengan Benar


Pertama kalian harus menghubungkan dengan benar Joystick dan Gampead yang kalian miliki. Baik yang menggunakan USB, koneksi Bluetooth, atau yang wireless. Pastikan Joystick dan Gamepad aktif.

Jika sudah aktif tetapi saat dioperasikan game tidak merespon silakan kalian cek di pengaturan game. Apakah ada pengaturan yang harus diaktifkan atau dirubah saat ingin menggunakan Gamepad atau Joystick.

2. Masalah Pada Driver


Khusus untuk perangkat desktop seperti Windows kalian harus memperhatikan driver. Karena semua aksesoris eksternal saat dihubungkan di perangkat Windows akan memerlukan driver supaya bisa terbaca.

Tanpa driver perangkat Windows tidak bisa digunakan secara normal. Oleh karena itu pastikan atau kalian cek bahwa perangkat Windows kalian mendukung driver Joystick yang akan kalian gunakan.

3. Baterai Gamepad dan Joystick Habis


Gamepad dan Joystick yang bukan menggunakan USB pasti memiliki baterai supaya Gamepad dan Jostick bisa menyala dan dihubungkan. Pastikan baterai masih habis dan cukup untuk bermain.

Jika sudah mau habis Joystsick akan error bahkan tidak bisa dinyalakan. Supaya awet saran saya beli baterai yang agak mahal supaya bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tidak habis-habis.

Selain ketiga masalah yang sudah saya sebutkan tadi ada beberapa masalah lainnya seperti kabel USB putus, tombol di Gamepad dan Joystick bermasalah, atau karena hal lainnya. Yang jelas cara mengatasinya tergantung dari penyebab.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat. Kursor mouse bergerak sendiri atau bergerak secara tiba-tiba? kalian bisa baca artikel tentang cara mengatasi dan setting kursor mouse yang sesuai.


EmoticonEmoticon