Solusi Mengatasi Reverse Charging Mengisi Daya Baterai HP Lain Tidak Berfungsi

Solusi Mengatasi Reverse Charging Mengisi Daya Baterai HP Lain Tidak Berfungsi

KEPOINDONESIA.id - Reverse charging merupakan fitur yang terbilang unik yang ada di semua smartphone. Umumnya orang-orang hanya tau mengenai wireless charging yang berguna mengisi daya perangkat tanpa menghubungkan perangkat sama sekali.

Alias hanya meletakkan perangkat yang mendukung wireless charging ke atas perangkat wireless charging. Kalian bisa dengan mudah melakukan pengisian daya dan kalian bisa menggunakan perangkat langsung jika memang dibutuhkan.

Selain wireless charging kalian harus tau mengenai reverse charging. Fitur ini berguna untuk mengisi perangkat smartphone atau gadget lainnya dengan perangkat yang kita miliki. Salah satu HP Android dengan fitur serupa yaitu Samsung Galaxy S23 Series untuk wireless reverse charging dan Samsung S10 Series dengan reverse charging.

Nah bagaimana jika kalian ingin menggunakan fitur reverse charging ini baik yang wireless atau yang menggunakan kabel tetapi ternyata tidak bisa?. Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Akan saya bahas kenapa fitur reverse charging untuk mengecas baterai HP lain tidak bisa. Namun sebelumnya kalian bisa baca artikel mengenai apa USB Hub dan apa fungsinya serta jika tagihan listrik tagihannya tidak keluar kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.

Fitur seperti reverse charging dan NFC biasanya memiliki tombol alias diaktifkan jika ingin digunakan dan dinonaktifkan jika sudah tidak digunakan. Jadi misalnya kalian ingin mencoba reverse charging tetapi tidak bisa coba kalian cek kembali.

Apakah ada tombol untuk mengaktifkan fitur ini atau tidak. Seharusnya ada supaya fitur terkait tidak aktif terus yang bisa membebani kinerja dan baterai perangkat. Selain itu untuk mencobanya pastikan juga baterai HP yang kalian miliki mencukupi.

Jangan sampai baterai di HP kalian sudah mau habis tetapi ingin mengisi baterai HP lain maka saya kira hal tersebut tidak akan bisa dilakukan. Misalnya masih menggunakan kabel alias belum wireless kalian juga bisa cek kabel yang digunakan.

Misalnya semua sudah benar dan tidak ada masalah tetapi tetap tidak berfungsi mungkin saja perangkat kalian yang error. Coba reboot dan coba lagi jika tetap tidak berfungsi bisa saya simpulkan reverse charging di HP yang kalian miliki sedang bermasalah.

Pastikan juga bahwa HP yang kalian miliki memang mendukung reverse charging. Karena jika tidak mendukung kalian coba sampai 1000 kali pun tidak ada pengaruhnya. Untuk keadaan terdesak fitur ini sangat membantu untuk mengisi daya baterai HP milik orang lain.

Jika tidak terdesak saran saya tidak usah digunakan demi keawetan perangkat yang kalian miliki. Apa menggunakan reverse charging sama seperti menggunakan Powerbank yang memiliki dampak buruk? tentu saja tidak tetapi alangkah baiknya kalian gunakan jika dibutuhkan saja.


EmoticonEmoticon