Pengertian Rebound, Preload, Compression Pada Shockbreaker Sepeda Motor

Pengertian Rebound, Preload, Compression Pada Shockbreaker Sepeda Motor

KEPOINDONESIA.id - Belakangan ini istilah rebound shock cukup viral di sosial media mulai dari TikTok, YouTube, hingga Instagram. Mungkin beberapa dari kalian pernah atau sering melihat video yang sedang membahas dan mengatur rebound shockbreaker sepeda motor

Terlihat menarik dan memang sangat asik untuk di tonton. Ada kontroversi mengenai arti dari rebound itu sendiri. Ada yang menyangkal bahwa yang sedang dibahas bukanlah rebound dan hanya salah penyebutan karena sudah biasa disebut rebound

Selain rebound sebenarnya ada istilah lain seperti preload dan compression. Apa perbedaan preload dan compression dengan rebound? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Akan saya bahas pengertian antara preload, rebound, dan compression supaya kalian tau masing-masing perbedaannya. Apabila sudah terbiasa menyebut dengan sebutan yang salah apabila kita betulkan biasanya orang tidak terima.

Jadi cukup tau pengertian yang benar untuk diri sendiri. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca pembahasan menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti harga dan fungsi menggunakan Carbon Cleaner serta cara menggunakan aplikasi Simply Auto.

Rebound, Rebound sebutan untuk menerangkan bagaimana shockbreaker kembali ke posisi semula atau memantul setelah menerima tekanan. Tanpa adanya rebound hanya melewati jalan yang rusak sedikit pengendara akan langsung terpantul karena efek dari pegas.

Preload, Untuk preload sebutan untuk jumlah tekanan yang diterima pesa sebelum menerima beban, baik beban pengendara atau beban saat proses pengereman. Tanpa preload maka shock akan ambles dan jika terlalu banyak pegas akan sangat keras sama seperti tidak menggunakan shockbreaker sama sekali.

Compression, Sedangkan compression kecepatan peredaman kebalikan dari rebound yang merupakan kecepatan atau lama shock kembali ke posisi semula setelah meredam. Terlalu banyak compression shock akan keras sedangkan jika terlalu sedikit maka akan mantul-mantul.

Jadi itu dia pengertian dari preload, rebound, dan compression. Asalkan nyaman saat digunakan kalian tidak usah bingung dengan ketiga hal tadi. Umumnya shockbreaker atau suspensi bawaan sudah bagus untuk berbagai situasi dan berbagai medan

Yang penting jika lewat jalan yang jelek kalian wajib menurunkan kecepatan, karena semakin cepat gaya pantul yang dihasilkan saat melewati jalan jelek akan semakin tinggi. Oleh karena itu jangan asal trobos dan ngebut

Sebelum saya akhiri apakah kalian mengalami motor kalian terasa berat? jika iya kalian bisa baca tips yang pernah saya bahas. Kalian bisa buat motor yang sebelumnya berat menjadi lincah dan lebih enteng seperti sebelumnya.


EmoticonEmoticon