Bahasa Gaul Jawa 3589 dan 3539 Yang Perlu Kalian Ketahui

Bahasa Gaul Jawa 3589 dan 3539 Yang Perlu Kalian Ketahui

KEPOINDONESIA.id - Terkadang bahasa gaul memang sulit dipahami. Ada banyak sekali bahasa gaul baru yang jika kalian tidak cari tau artinya maka kalian tidak akan tau. Nah ada bahasa gaul baru atau lebih tepatnya bahasa gaul Jawa yang katanya hanya diketahui oleh orang Jawa saja.

Bahasa gaul tersebut yaitu 3589 dan 3539 yang belakangan ini cukup viral khususnya di TikTok. Karena berupa angka saat awal mengira tidak akan sadar bahwa bahasa gaul ini khusus untuk orang Jawa.

Karena seperti yang sudah saya bahas ada banyak bahasa gaul yang hanya berupa angka seperti 24434 yang dulu pernah saya bahas. Bagaimana dengan bahasa gaul angka ini yang artinya ternyata menggunakan bahasa Jawa?.

Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Akan saya sesederhana mungkin supaya kalian paham dan tidak bingung. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang pernah saya bahas.

Seperti bahasa gaul TNKKP dan PPGTA yang mungkin pernah atau sering kalian lihat tetapi belum tau artinya serta kalian bisa baca juga bahasa gaul JJM dan JJS yang mungkin kalian dengar dari teman kalian.

3589 Telu Limo Wolu Songo, Jadi dalam bahasa Jawa 3589 jika dibaca Telu Limo Wolu Songo bukan Tiga Lima Delapan Sembilan. Nah dari kata tadi jadilah istilah Tri Mo Lu Ngo atau Trimo Lungo.

Untuk angka 5, 8, dan 9 memang pas tetapi untuk angka tiga bagian depan sedikit di plesetkan agar sesuai. Jadi arti dari 3589 yaitu trimo lungo atau dalam Bahasa Indonesia sama seperti mending pergi.

3539 Telu Limo Telu Songo, Sama seperti 3589 hanya saja angka 8 diganti dengan angka 3 jadi 3539 karena sama-sama memiliki akhiran lu. Jadi arti dari 3539 yaitu sama saja trimo lungo atau mending pergi.

Sebagai pelengkap ada juga 959 atau Songo Limo Songo yang menghasilkan kata Ngo Mo Ngo atau ngomongo atau dalam Bahasa Indonesia memiliki arti kasih tau. Contoh penggunanya seperti apa?.

Contohnya seperti ini "Saiki kancaku wis due konco anyar 3589" artinya "Temanku sudah punya teman baru trimo lungo". atau "Sakirake enek sing liyo 959 aku tak 3539" artinya "Apabila ada yang lain ngomongo aku trimo lungo".

Kalian yang bukan orang Jawa mungkin akan sedikit bingung tetapi saya yakin apa yang saya jelaskan mudah dipahami. Itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhiri apabila kalian diejek dengan istilah NT setelah mengungkapkan perasaan kalian perlu tau apa itu NT.


EmoticonEmoticon