Unduh Data Pembaruan iOS Ternyata Lama? Ini Dia Tips Supaya Lebih Cepat

Unduh Data Pembaruan iOS Ternyata Lama? Ini Dia Tips Supaya Lebih Cepat

KEPOINDONESIA.id - Sama seperti Android pembaruan iOS versi terbaru juga sangat ditunggu oleh pengguna iPhone. Karena di versi terbaru pasti ada fitur baru, perbaikan bug, dan terkadang memang ada bug baru yang muncul atau menghilangkan fitur yang sebelumnya sudah ada.

Tetapi yang jelas di versi terbaru keamanannya lebih terjaga karena tingkat keamanannya juga versi terbaru. Sama seperti di Android memperbarui iOS bisa lama atau bisa sebentar tergantung dari banyak faktor.

Faktor pertama yang paling mempengaruhi yaitu koneksi internet yang digunakan. Di iPhone pengguna disarankan mengunduh dan memperbarui versi iOS lewat koneksi wifi. Sedangkan untuk di Android bebas tidak ada ketentuan khusus walaupun sistem juga menyarankan menggunakan koneksi wifi.

Lalu sebenarnya berapa lama proses memperbarui iOS ke versi terbaru? apakah benar-benar lama hingga berjam-jam? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Akan saya bahas beberapa faktor yang memang memperlambat proses pembaruan iOS.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang pernah saya bahas. Seperti solusi mengatasi aplikasi Google Maps yang lambat saat digunakan serta cara mengatasi masalah halaman sedang diperbaiki di Shopee.

Lamanya proses pembaruan atau update iOS yang pertama dipengaruhi oleh koneksi jaringan yang kalian gunakan. Apabila internet lambat maka proses download file pembaruannya juga akan semakin lama. 

Apabila koneksi internet kencang maka proses pembaruan akan lebih cepat karena tidak akan memakan waktu yang lama untuk mengunduh file tadi. Selain koneksi internet ukuran file pembaruan juga sangat berpengaruh.

Apabila file kurang dari 1 GB maka proses pembaruan lebih cepat daripada file dengan ukuran 3 GB. Besarnya ukuran file pembaruan sistem dipengaruhi oleh jarak atau versi sistem operasi yang saat ini terinstall.

Semakin jauh dari versi terbaru sudah dipastikan file pembaruannya akan semakin besar. Dan yang terakhir mungkin proses pembaruan yang tidak membutuhkan koneksi internet sama sekali. Ini tidak bisa diperkirakan dan dipengaruhi oleh banyaknya bagian yang harus diperbarui.

Mulai dari awal sampai akhir pembaruan iOS berdasarkan pengalaman saya kurang lebih 30 menit sampai 45 menit. Bisa lebih cepat dan bisa lebih lama hingga 1 jam. Yang jelas sebelum melakukan proses pembaruan baterai iPhone sangat diharuskan lebih dari 50%.

Dalam kondisi penuh atau 100% lebih baik. Supaya apa? supaya apabila pembaruan ternyata lama hingga lama sekali iPhone tidak akan kehabisan baterai. Apabila kehabisan baterai dan iPhone mati maka bisa disimpulkan lebih dari 50% perangkat iPhone akan bermasalah.

Sekian pembahasan dari saya dan sebelum saya akhiri apakah kalian tau apa yang dimaksud dengan downgrade sistem operasi? apabila kalian belum tau kalian bisa baca artikel mengenai apa itu yang dinamakan downgrade sistem operasi.


EmoticonEmoticon