Penyebab dan Cara Mengatasi eSIM Tidak Muncul Sinyalnya

Penyebab dan Cara Mengatasi eSIM Tidak Muncul Sinyalnya

KEPOINDONESIA.id - Tidak hanya Smartfren saja yang kini sudah memiliki eSIM, tetapi beberapa operator seluler lainnya juga sudah seperti XL dan Indosat. Jadi jika HP kalian sudah mendukung eSIM kalian bisa mulai mencoba menggunakannya.

Kedepannya eSIM kemungkinan akan menjadi standar baru yaitu nomor tanpa kartu perdana fisik sama sekali. Jadi nomor terdaftar dan terhubung langsung ke perangkat. Apakah ini aman? saya bisa katakan aman dan bisa tidak.

Saya katakan aman karena orang lain tidak akan bisa mengambil nomor kita karena tidak ada kartu perdana fisiknya. Sedangkan saya katakan tidak aman karena untuk membuktikan kepemilikan kalian harus memiliki kode QR.

Apabila kode QR tadi hilang maka akan ada masalah baru. Kembali ke topik, kenapa sinyal eSIM tidak muncul atau tidak ada layanan padahal berhasil aktivasi dan registrasi?. Tenang kalian tidak usah khawatir.

Tidak seperti kartu perdana fisik, eSIM memang butuh waktu dan karena masih baru ada beberapa faktor penyebab yang mungkin kalian belum tau. Untuk lebih jelasnya supaya kalian tau kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti kenapa eSIM Smartfren tidak ada layanan di iPhone serta pengertian masa aktif kuota unlimited di operator seluler XL yang perlu kalian ketahui artinya.

Tunggu Beberapa Saat, Apabila kalian sudah berhasil aktivasi dan registrasi silakan tunggu beberapa saat karena eSIM sistemnya seperti inject yaitu menempelkan nomor kalian ke perangkat yang kalian miliki secara elektronik.

Reboot Perangkat, Apabila sudah 1 jam lebih belum ada perubahan silakan kalian reboot perangkat yang kalian baik Android atau iOS yang terpenting memang sudah mendukung eSIM.

Coba Aktifkan Mode Pesawat, Apabila dengan reboot perangkat tidak berhasil kalian bisa coba aktifkan mode pesawat di HP yang kalian miliki. Tunggu sekitar 1 menit dan silakan matikan mode pesawat supaya data seluler bisa aktif.

Tunggu Beberapa Hari, Dari beberapa kasus eSIM, sinyal baru muncul setelah beberapa hari mulai dari 2 sampai 4 hari. Jadi silakan kalian tunggu saja karena memang eSIM masih sangat baru di Indonesia.

Hubungi Pihak Operator Seluler, Yang terakhir silakan hubungi pihak operator seluler. Silakan minta kejelasan dengan nomor eSIM yang kalian miliki apakah masih proses atau ada masalah.

Saya menilai eSIM teknologi yang bagus supaya nomor kita tidak bisa dicuri dan di kloning oleh orang lain. Tetapi sebelum saya menemukan cara untuk menyimpan kode QR eSIM yang aman dan efektif mungkin saya belum akan mencoba teknologi ini.

Banyak pengguna iPhone yang menggunakan eSIM karena berkat eSIM iPhone yang mereka miliki menjadi iPhone Dual SIM. Padahal jika Dual SIM aktif membuat penggunaan baterai menjadi lebih boros.

Sekian pembahasan dari saya mengenai sinyal eSIM yang tidak muncul atau tidak ada layanan. Sebelum saya akhiri apabila fitur ketuk 2 kali di HP yang kalian miliki tidak berfungsi kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut. 


EmoticonEmoticon