Penyebab Video YouTube Mentok di 480p, 720p, dan 1080p Saat Diputar

Penyebab Video YouTube Mentok di 480p, 720p, dan 1080p Saat Diputar

KEPOINDONESIA.id - Resolusi video di YouTube sangat bervariasi tergantung pengunggah ingin mengupload dengan resolusi yang bagus atau tidak. Dulu 480p adalah resolusi yang umum digunakan, namun kita orang lebih suka dengan resolusi 720p bahkan 1080p.

Semakin tinggi resolusinya memang video yang kita tonton akan semakin bagus, jelas, dan jernih. Tetapi yang perlu diingat, itu sudah pasti akan menggunakan kuota internet yang banyak. Karena boros kuota 480p bahkan 360p masih menjadi favorit.

Bila kalian ketahui, terkadang ada video yang hanya bisa diputar dengan resolusi sampai 480p saja. Singkatnya pilihan untuk resolusi 720p dan 1080p tidak ada. Dan juga ada yang mentok sampai 720p dan 1080p, padahal di YouTube bisa memutar video sampai resolusi 2K dan 4K.

Jadi intinya resolusi video YouTube berbeda-beda tergantung pengunggah membuat atau mengedit video tersebut dengan resolusi apa. Selain faktor dari file videonya, ukuran atau kualitas video YouTube yang mentok bisa di pengaruhi oleh faktor-faktor lainnya.

Faktor apa itu? Misalnya semua video yang di putar di HP Android kalian hanya mentok di 480p atau 720p saja. Atau resolusi videonya acak-acakan dan tidak berurutan. Sebagai contoh dari 240p langsung ke 480p dan tidak ada pilihan 360p.

Nah untuk lebih jelasnya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Saya akan sedikit menjelaskan mengenai hal tersebut. Sebelum lanjut kalian bisa baca cara membuat tampilan YouTube seperti bioskop dan cara mengulang video di YouTube secara terus menerus.

Penyebab Resolusi Video YouTube Mentok


1. Kualitas Video Memang Segitu


Singkatnya video yang di unggah oleh pemilik channel memang seperti itu. Misalnya mentok di 480p, berarti video tersebut memang hanya 480p saja. Namun jika kualitas videonya HD 720p selain kita bisa memilih resolusi 720p kita juga bisa memilih resolusi 480p.

2. Video Baru di Upload


Bagi kalian yang tidak tau, bahwa video yang baru di upload tidak akan langsung terdeteksi semua resolusi yang dapat di pilih dari video tersebut. butuh waktu 5 sampai 15 menit supaya file video terdeteksi oleh YouTube.

Jadi jika kalian menonton video YouTube yang baru di upload oleh youtuber kesukaan kalian namun kualitas videonya jelek atau acak-acakan tidak seperti biasanya, kalian cukup tunggu beberapa menit saja sebelum menonton ulang.

3. Resolusi Layar Perangkat


Untuk yang satu ini kita hanya bisa pasrah saja. Jadi misalnya HP Android kita memiliki resolusi layar hanya 480 x ..., atau 720 x ... maka video yang bisa kita tonton di Youtube hanya mentok di 480p dan 720p saja.

Walaupun video tersebut support 1080p bahkan 2K, tetapi HP kita hanya memiliki resolusi 480 x .. atau 720 x ... maka percuma saja. Ini biasanya kasus yang sering terjadi, karena untuk mendapatkan HP yang memiliki resolusi Full HD atau Full HD + tidak murah.

4. Koneksi Internet Jelek


Koneksi internet juga sangat berpengaruh untuk munculkan pilihan resolusi di video YouTube. Jika di rasa koneksi internet yang terhubung tidak mampu untuk memutar video dengan resolusi 1080p maka pilihan tersebut tidak akan sampai 1080p, paling hanya akan mentok di 720p saja.

Nah itu dia beberapa penyebab kenapa resolusi video di YouTube hanya mentok di beberapa resolusi saja seperti 480p dan 720p. Jika kalian memiliki ponsel pintar seperti seri Samsung Galaxy S atau iPhone, masalah seperti ini seharusnya tidak akan terjadi.

Kecuali jika HP kalian harganya dibawah 2 juta yang masih memiliki resolusi layar 720 x ... bahkan 480 x ... pasti hal tersebut akan kalian alami selamanya. Selain itu jika aplikasi YT Studio tidak bisa dibuka, kalian bisa baca solusi mengatasi aplikasi Youtube Studio tidak bisa digunakan.


EmoticonEmoticon