Cara Mengatasi Tidak Bisa Akses 192.168.0.1 dan 192.168.1.1 Untuk Login Router

Cara Mengatasi Tidak Bisa Akses 192.168.0.1 dan 192.168.1.1 Untuk Login Router

KEPOINDONESIA.id - Alamat IP 192.168.1.1 merupakan salah satu alamat IP yang biasa digunakan untuk login router. Saya tidak tau jenis router apa saja yang menggunakan IP tersebut tetapi dari pengalaman saya Tenda menggunakan IP 192.168.1.1 untuk halaman login nya.

Sedangkan router lainnya yang saya gunakan yaitu D-Link menggunakan IP 192.168.0.1. Apabila kalian mengetik bukan IP yang sudah ditentukan oleh router maka kalian tidak akan bisa mengaksesnya atau akan keliru masuk ke halaman login router lainnya.

Umumnya masuk atau mengakses IP login mudah saja tanpa ada masalah. Tetapi terkadang kalian juga bisa mengalami tidak bisa mengakses alamat IP 192.168.1.1 ataupun 192.168.0.1. Jika tidak bisa mengaksesnya bagaimana solusinya?.

Solusinya mudah saja tergantung dari faktor penyebabnya. Untuk tau solusi mengatasi tidak bisa masuk ke halaman login router karena alamat IP tidak bisa di akses padahal sudah benar kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti cara mengatasi tethering hotspot yang tidak bisa diaktifkan serta apa yang dimaksud dengan request time out dan bagaimana cara mengatasinya.

Alamat IP Keliru, Seperti yang saya katakan masing-masing router memiliki alamat IP login yang berbeda. Jadi kalian bisa pastikan alamat IP yang digunakan 192.168.1.1 atau 192.168.0.1 jangan sampai keliru.

Belum Terhubung ke Jaringan Wifi, Banyak yang belum tau bahwa IP login hanya bisa diakses ketika kalian terhubung ke jaringan wifi terkait. Apabila kalian tidak terhubung atau menggunakan data seluler maka tidak akan bisa diakses.

Gunakan Browser Lainnya, Apabila alamat IP login sudah benar dan kamu sudah memastikan terhubung ke jaringan wifi yang benar saran saya coba gunakan browser lainnya. Karena biasanya karena terlalu sering digunakan browser error dan menyimpan halaman secara offline.

Alamat IP berubah, Ini mungkin bisa terjadi jika kalian mengaksesnya lewat berang desktop seperti Windows. Untuk mengetahui IP gateway berubah atau tidak kalian bisa akses CMD lalu ketik "ipconfig" dan perhatikan pada Default Gateway. Jika ternyata berbeda kalian bisa digunakan default gateway tadi.

Masalah yang kalian alami kemungkinan besar disebabkan oleh salah satu penyebab yang sudah saya bahas. Dan kemungkinan besar menurut saya karena alamat IP keliru karena bagi orang awam ini terbilang cukup rumit.

Saya sendiri awal-awal tidak begitu hafal dengan IP login router. Tetapi setelah beberapa bulan saya memasang wifi dan sering masuk ke admin router saya menjadi paham betul alamat IP yang sebelumnya saya tidak tau dan tidak hafal.

Selain alamat IP yang tidak bisa diakses sebelum saya akhiri apabila kalian tidak tau about blank saat membuat situs di browser kalian bisa baca artikel mengenai apa itu about blank. About blank akan muncul disituasi tertentu yang mungkin membuat kalian bingung.


EmoticonEmoticon