Arti Status Pengirim Telah Mengatur Pengiriman di Shopee dan Kapan Paket Mulai Dikirim

Arti Status Pengirim Telah Mengatur Pengiriman di Shopee dan Kapan Paket Mulai Dikirim

KEPOINDONESIA.id - Kalian mungkin sudah tidak asing dengan status "Penjual telah mengatur pengiriman" atau "Pengirim telah mengatur pengiriman, menunggu paket diserahkan ke pihak jasa kirim". Nah status tersebut akan muncul sebelum paket kamu benar-benar terkirim.

Selain status tadi sebenarnya ada beberapa status lainnya yang ada di Shopee. Seperti Belum dibayar, Dikemas, Dikirim, Selesai, Dibatalkan, dan ada juga Pengembalian. Status tersebut ada untuk memudahkan penjual dan pembeli memantau paket yang sedang diproses.

Berjualan online kini memang lebih mudah karena sebagai penjual kini bisa tetap di rumah dan paket yang akan dikirimkan akan diambil sendiri oleh jasa pengiriman. Oleh karena itu ada status "Penjual telah mengatur pengiriman" dan "Pengirim telah mengatur pengiriman, menunggu paket diserahkan ke pihak jasa kirim".

Lalu apa sebenarnya arti dari status tersebut? harusnya kalian sudah tau. Apabila kalian belum tau kali ini saya akan bahas mengenai arti dari status pengiriman tadi. Dengan begitu kalian jadi tau dan tidak bingung lagi.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa pembahasan lainnya yang pernah saya bahas. Seperti apa yang dimaksud dengan estimasi pengiriman serta kenapa saat mengirim paket terkadang kurir menghubungi kita.

Pengirim Telah Mengatur Pengiriman


Jadi arti status "Pengirim telah mengatur pengiriman" atau "Penjual telah mengatur pengiriman, menunggu paket diserahkan ke pihak jasa kirim" artinya paket sudah selesai di proses oleh kurir dan tinggal dikirimkan.

Karena ada beberapa jasa ekspedisi yang mendukung pick up jadi paket tidak langsung dikirimkan. Tergantung dari pihak ekspedisi ingin ambil paket tersebut kapan. Bisa di hari yang sama atau di hari berikutnya.

Bagi penjual ini sangat menguntungkan jadi tidak perlu repot-repot mengirimkan barang. Tetapi bagi pembeli ini cukup memakan waktu hingga 1 hari karena terkadang paket tidak di pick up di hari yang sama.

Penyebab Paket Tidak Kunjung Dikirim


Untuk penyebab kenapa paket atau barang yang kalian beli belum di kirim ada beberapa faktor. Yang pertama karena pesanan belum di proses oleh penjual, yang kedua karena penjual masih mengemas barang yang kalian beli.

Selain itu bisa juga karena kurir belum sempat pick up paket ke penjual karena alasan tertentu. Dan yang terakhir bisa disebabkan karena memang pesanan banyak dan terjadi overload dan semua proses pengiriman menjadi terlambat.

Status pengiriman seharusnya dibuat sederhana dan mudah dipahami. Apabila sulit dipahami pembeli akan menjadi bingung. Khususnya yang masih awam dan belum pernah belanja online pasti akan sangat bingung.

Asalkan tidak terjadi masalah paket akan kalian terima dalam beberapa hari. Apabila paket statusnya sudah diterima tetapi kalian tidak menerimanya alias diterima oleh orang lain kalian bisa ajukan komplain ke jasa pengiriman terkait.

Itu saja yang bisa saya bahas kali ini dan sebelum saya akhiri kalian perlu tau DC yang biasanya ada di status pengiriman. Apa itu DC dan kenapa pasti ada? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel mengenai pembahasan tersebut.


EmoticonEmoticon