Alasan Tempered Glass Tidak Perlu Diganti Sebelum Benar-Benar Sudah Tidak Layak Digunakan

Alasan Tempered Glass Tidak Perlu Diganti Sebelum Benar-Benar Sudah Tidak Layak Digunakan

KEPOINDONESIA.id - Awal era HP dengan layar sentuh atau touch screen populer pengguna melindungi layar HP mereka dengan anti gores atau bisa juga dengan skotlet bening. Seperti namanya anti gores hanya melindungi HP dari goresan saja karena ini seperti skotlet.

Hanya saja khusus untuk layar HP. Sedangkan penggunaan skotlet menjadi alternatif karena lebih murah dan pilihannya banyak seperti warna hitam bening. Sedangkan untuk sekarang di era smartphone anti gores saja tidak cukup.

Perlu yang namanya tempered glass. Tempered glass berfungsi seperti halnya anti gores tetapi lebih baik karena selain melindungi dari goresan ringan juga melindungi dari goresan yang tajam hingga benturan.

Apa sebenarnya tempered glass ini? apabila kalian belum tau apa itu tempered glass atau yang sering disebut TG kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Akan saya bahas apa itu TG atau tempered glass dan berapa lama TG harus diganti.

Apa setiap 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, atau saat rusak. Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lainnya seperti cara mengetahui DPI layar HP serta cara tes True Tone yang ada di iPhone.

Apa Itu Yang Disebut Tempered Glass


Tempered glass atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai kaca tempered merupakan sebuah pelindung layar HP seperti smartphone yang cara pembuatannya dipanaskan dalam bentuk lembaran.

Tidak seperti anti gores yang tipis dan dapat dilipat, tempered glass benar-benar kaku layaknya kaca. Jadi untuk keamanan layar HP sangat direkomendasikan menggunakan tempered glass khususnya dari merek yang terkenal.

Kapan Harus Ganti Tempered Glass


Tidak ada aturan pasti atau rekomendasi mengganti kaca TG pada layar HP yang kalian miliki. Saran dari saya apabila masih bagus dan tidak mengganggu sama sekali tidak usah kalian lepas dan ganti.

Kenapa begitu? karena melepas tempered glass yang masih kondisi baik memiliki resiko sendiri. Resikonya tentu saja di bagian layar saja tetapi banyak. Mulai dari layar HP yang bisa terangkat, akan muncul garis, titik hitam atau putih, atau bisa juga menyebabkan layar HP mati.

Misalnya kalian tau trik melepas kaca TG dengan mudah dan aman kalian boleh ganti sesuka hati kalian. Tetapi jika tidak tau saran saya tidak usah diganti karena tempered glass sangat awet dan umurnya bisa sama dengan umur HP yang kalian miliki.

Tips dari saya supaya tidak menyesal kalian pilih dulu tipe tempered glass yang kalian inginkan. Seperti halnya TG untuk iPhone kalian bisa pilih yang full menutupi sensor Face ID dan kamera atau yang ada lubangnya.

Setelah itu kalian hanya perlu cari dan merek yang memang bagus. Yang tidak bermerek sebenarnya tidak masalah akan tetapi lebih baik yang bermerek. Apabila kalian tidak bisa memasangnya lebih baik minta bantuan ke penjual atau orang yang memang bisa memasang.

Itu saja yang bisa saya bahas dan sebelum saya akhir apabila kalian record layar HP yang kalian miliki tetapi hasil videonya tidak bersuara kalian bisa baca artikel mengenai solusi mengatasi hasil rekam layar HP yang tidak ada suaranya.


EmoticonEmoticon