Cara Cek Fitur True Tone di iPhone Apakah Berfungsi atau Tidak

Cara Cek Fitur True Tone di iPhone Apakah Berfungsi atau Tidak

KEPOINDONESIA.id - True Tone di iPhone merupakan fitur yang menarik karena fitur ini di Android terbilang fitur sederhana tetapi di iPhone atau di produk Apple terlihat eksklusif. Seperti yang kalian ketahui saat True Tone di aktifkan layar akan menjadi kekuningan.

Sama persis dengan Mode Baca atau Filter Cahaya Biru yang ada di perangkat Android. Nah yang menjadikan True Tone menarik dan unik apa? karena True Tone bekerja dengan hardware yaitu layar pada perangkat itu sendiri.

Sedangkan Mode Baca atau Filter Cahaya Biru bekerja menggunakan software. Oleh karena itu salah satu cara untuk mengecek keaslian LCD atau layar iPhone yaitu menggunakan True Tone. Jika Ada True Tone dan True Tone bisa diaktifkan kemungkinan besar LCD nya asli atau original.

Walaupun begitu banyak yang bisa mengakali masalah True Tone dan Battery Health yang ada di iPhone. Jadi Battery Health sudah tidak bisa digunakan sepenuhnya untuk menentukan keaslian baterai iPhone dan True Tone sudah tidak sepenuhnya bisa digunakan untuk menentukan keaslian LCD iPhone.

Akan tetapi True Tone bisa kalian gunakan sebagai indikator pertama untuk saat mengecek keaslian layar dan LCD iPhone. Nah bagaimana cara mengakses dan mengaktifkan True Tone? ada 2 cara yang bisa kalian lakukan.

Yang pertama kalian bisa mengecek True Tone lewat Pengaturan dan yang kedua lewat Pusat kontrol. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai kenapa notifikasi Instagram di iPhone tidak muncul serta apa yang dimaksud dengan Apple Replaced Device pada perangkat iPhone.

Cara Mengecek dan Mengaktifkan True Tone di iPhone


1. Saya akan jelaskan cara cek dan mengaktifkan True Tone lewat pusat kontrol di iPhone

2. Silakan kalian akses Pusat kontrol lalu tahan lama pada bagian kecerahan layar

Silakan kalian akses Pusat kontrol lalu tahan lama pada bagian kecerahan layar

3. Jika iPhone kalian tidak bermasalah alias normal maka akan ada True Tone. Untuk mengaktifkannya bisa langsung kalian tekan

Jika iPhone kalian tidak bermasalah alias normal maka akan ada True Tone. Untuk mengaktifkannya bisa langsung kalian tekan

4. Jika True Tone bekerja maka layar akan meredup dan kekuningan

Jika True Tone bekerja maka layar akan meredup dan kekuningan

Selain langsung lewat pusat kontrol kalian juga bisa mengaktifkan True Tone lewat Pengaturan. Caranya silakan kalian akses Pengaturan>Tampilan & Kecerahan>True Tone. Jika iPhone yang kalian miliki mendukung True Tone tetapi True Tone tidak ada maka bisa disimpulkan perangkat iPhone kalian bermasalah. 

Jika kalian membeli bekas bisa saja LCD nya tidak original atau jika sebelumnya ada tetapi tiba-tiba menjadi tidak ada kemungkinan karena bug atau error. Jika karena bug atau error yang pertama kalian bisa reboot iPhone kalian dan jika belum muncul tunggu saja pembaruan iOS versi terbaru. 

Penting atau tidak iPhone kalian bisa dikatakan normal dan tidak masalah jika True Tone dan Face ID bisa digunakan. Itu saja yang bisa saya jelaskan dan kalian wajib tau cara ubah foto dengan format HEIC atau HEIF menjadi JPG supaya dibuka di perangkat yang tidak mendukung format tersebut. 


EmoticonEmoticon