Cara Mengatasi Kode Dial *#*#4636#*#* Yang Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Kode Dial *#*#4636#*#* Yang Tidak Berfungsi

KEPOINDONESIA.id - Kode dial *#*#4636#*#* cukup populer digunakan untuk masuk ke pengaturan jaringan. Seperti untuk mengatur tipe jaringan yang disukai seperti GSM/WCDMA/LTE serta biasa digunakan untuk mengunci jaringan 4G dengan memilih LTE only.

Saya kurang tau pengaturan ini sebenarnya disebut apa tetapi di beberapa HP Android tertulis Informasi Ponsel dan di beberapa HP Android lainnya tertulis Penguji. Yang jelas dial *#*#4636#*#* umum digunakan untuk memilih dan mengunci jaringan seluler.

Apakah semua HP Android bisa menggunakan dial ini? saya jawab tidak. Setidaknya ada 2 faktor yang mempengaruhinya. Yang pertama prosesor yang digunakan dan yang kedua pabrikan yang membuatnya.

Karena kini banyak pabrikan yang bisa mengubah dan mengunci perangkat mereka supaya tidak seperti perangkat Android pada umumnya. Jadi misalnya kalian tidak bisa menggunakan kode *#*#4636#*#* atau kode *#*#4636#*#* tidak bisa digunakan kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut ke apa saja solusi mengatasi permasalahan tersebut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara mengatasi tidak bisa masuk ke aplikasi BNI Mobile Banking serta fungsi dari kode dial *21*500#.

Coba Lagi dan Pastikan Kode Benar, Biasanya masalah kode dial seperti *#*#4636#*#* yang tidak berhasil karena disebabkan kekeliruan antara tanda * dan #. Jadi pastikan kode nya benar dan tidak keliru.

Gunakan Kode Lainnya, *#*#4636#*#* merupakan kode umum yang dulu bisa digunakan di semua merek HP Android. Tetapi untuk sekarang masing-masing merek HP memiliki kode sendiri mulai dari Samsung, Oppo, Vivo, Infinix dan lainnya. Selain *#*#4636#*#* kalian bisa coba kode #673644#* atau *#800#.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga, Yang terakhir kalian bisa gunakan aplikasi pihak ketiga yang membantu kalian masuk ke Informasi Ponsel atau Pengujian. Kalian bisa gunakan aplikasi seperti 4G LTE Switcher ataupun MTK Engineering

Dari pengalaman saya untuk sekarang ini memang tidak banyak HP yang mendukung kode *#*#4636#*#*. Dan kemungkinan besar yang paling mendukung dan bisa menggunakan *#*#4636#*#* ialah HP Android yang menggunakan prosesor MediaTek.

Pengguna tidak perlu mengakses Informasi Ponsel, Penguji, atau di beberapa HP disebut Developer Mode karena tidak ada fitur khusus. Rata-rata pengguna mengaksesnya hanya untuk mengunci jaringan seluler menjadi 4G karena jika lewat pengaturan tidak bisa.

Mungkin itu saja pembahasan mengenai kode *#*#4636#*#* yang tidak berfungsi. Sebelum saya akhiri jika kalian ingin menonaktifkan kode dial *31# kalian bisa baca artikel yang pernah saya bahas sebelumnya mengenai kode dial tersebut.


EmoticonEmoticon