Ciri-Ciri Kopling Motor Sudah Aus dan Minta Ganti

Ciri-Ciri Kopling Motor Sudah Aus dan Minta Ganti

KEPOINDONESIA.id - Bagi pemilik sepeda motor manual dan bebek kalian harus memperhatikan yang namanya kampas kopling. Kampas kopling sangat berperan penting saat proses perpindahan gigi supaya motor bisa berjalan.

Walaupun memiliki cara kerja yang berbeda kopling manual dan kopling otomatis/sentrifugal komponen utamanya bisa dikatakan hampir sama. Dan salah satu masalah yang tidak banyak diketahui yaitu kampas kopling yang aus.

Kampas kopling cepat aus pasti akan dirasakan oleh pengguna motor manual tidak seperti motor bebek. Walaupun begitu kampas kopling di motor bebek tetap akan aus tetapi tidak secepat di motor manual.

Selain tidak nyaman dan tenaga yang dihasilkan kurang kampas kopling yang aus bisa menyebabkan komponen lainnya yang berhubungan dengan kopling juga akan bermasalah. Oleh karena itu lebih baik jika kampas kopling sudah aus kalian ganti saja.

Tetapi apa yang ciri-ciri atau tanda-tanda jika kampas kopling sepeda motor sudah aus. Ada beberapa ciri khusus, walaupun bagi sebagian orang tidak mudah dikenali akan tetapi bisa kalian gunakan sebagai acuan.

Sebelum lanjut ke ciri-cirinya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas mengenai dunia otomotif. Seperti perbedaan Oli MPX dan SPX dari AHM Oil serta proses rekrutmen PT ADM beserta tes fisik.

Setidaknya ada beberapa ciri khusus yang bisa kalian kenali jika kampas kopling motor kalian sudah mulai aus. Yang pertama yaitu selip, tenaga motor tidak ada dan saat RPM tinggi tenaga yang dihasilkan tidak ada.

Selain itu saat posisi kopling akan terasa getaran karena kampas kopling yang sudah aus. Kampas kopling yang sudah aus bisa tetap digunakan dalam jangka waktu tertentu dengan cara penyetelan ulang.

Tetapi tetap jangan digunakan berlebihan karena bisa merusak komponen lainnya. Untuk lebih jelas membongkar bagian kopling akan lebih baik. Tetapi jika tanpa bongkar kalian hanya perlu mengidentifikasinya lewat tenaga motor.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat untuk kalian. Atau jika sudah parah sekali akan tercium bau kopling dan motor tidak akan langsung berjalan saat posisi gas sudah di gas dalam.

Sebelum saya akhiri di dunia otomotif cukup populer istilah PnP. Apa itu PnP? Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel yang sudah saya bahas mengenai PnP. Jika beli aksesoris jika bisa belilah yang PnP.


EmoticonEmoticon