Arti Istilah Bawang Kothong Dalam Permainan Anak Jaman Dulu

Arti Istilah Bawang Kothong Dalam Permainan Anak Jaman Dulu

KEPOINDONESIA.id - Perkembangan jaman memang begitu ekstrim dan semuanya kini sudah berubah. Saya ingat sekali 10 atau 15 tahun yang lalu anak-anak dari tingkat SD dan SMP masih sering memainkan permainan tradisional yang memang dulu menjadi permainan utama anak-anak pada masanya. 

Ada banyak permainan tradisional dan setiap daerah terkadang memiliki permainan tradisional yang tidak ada di daerah lain. Seperti Engklek, Petak Umpet, Lompat Tali, dan masih banyak yang lainnya.

Tidak memandang umur karena jika sudah berkumpul biasanya semua anak ikut bermain. Nah anak yang masih belum bisa apa-apa atau masih terlalu kecil biasanya tetap ingin ikut karena kakak-kakak atau yang lebih dewasa memainkan permainan yang seru.

Nah anak-anak kecil tadi yang bisa dikatakan tidak tau apa-apa biasanya tetap ikut bermain tetapi statusnya Bawang Kothong. Bawang Kothong saat bermain bersama teman-teman merupakan status yang memang menyenangkan.

Saya yang pernah bermain dengan teman-teman sudah tau pasti apa yang disebut dengan Bawang Kothong. Tetapi bagaimana dengan kalian? apakah kalian tau apa yang disebut dengan Bawang Kothong itu?.

Misalnya kalian belum tau kalian tidak usah khawatir karena kali ini saya akan membahasnya. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca apa yang dimaksud dengan kata Sokin serta apa yang dimaksud dengan Wes Angel Wes Angel yang populer di chat atau media sosial.

Tidak ada penjelasan yang pasti mengenai Bawang Khotong akan tetapi menurut saya Bawa Kothong adalah anak-anak yang bermain tetapi hanya sekedar ikut-ikutan dan tidak akan jaga atau kalah. Biasanya anak yang masih kecil akan dijadikan Bawang Kothong.

Ada alasan kenapa anak-anak kecil dijadikan Bawang Kothong. Yang pertama karena mereka pasti tidak tau peraturan permainan, yang kedua mereka pasti akan selalu kalah dengan yang lebih dewasa, dan yang ketiga supaya tidak menangis jika merasa kalah atau gantian jaga.

Asalkan mereka senang semuanya ikut senang dan gembira. Saat ini sudah jarang terdengar istilah Bawang Kothong karena memang sudah tidak banyak yang bermain permainan tradisional lagi.

Anak kecil sudah tau apa yang namanya HP dan internet jadi jika berkumpul yang dibahas mengenai apa yang baru saja mereka lihat. Sangat disayangkan memang tetapi mengatur anak jika tidak dari awal susah rasanya.

Itu saja yang bisa saya jelaskan bagi kalian yang tidak tau sama sekali atau hanya sekedar nostalgia semoga terbantu dengan artikel yang saya bahas kali ini. Sebelum saya akhiri jika kalian dibilang Cupu kalian biarkan saya. Arti kata Cupu memang kurang bagus tetapi tidak usah diambil hari.


EmoticonEmoticon