3 Cara Mengatasi Tidak Bisa Berbagi Lokasi Terkini di WhatsApp

3 Cara Mengatasi Tidak Bisa Berbagi Lokasi Terkini di WhatsApp

KEPOINDONESIA.id - Dengan adanya WhatsApp kini berbagi lokasi menjadi lebih mudah. Berbagai lokasi atau yang lebih dikenal dengan istilah Share Location adalah fitur yang bisa membagikan lokasi kita baik lokasi saat ini atau lokasi tertentu.

Sebenarnya tidak hanya di WhatsApp saja, karena dari Google Maps sendiri sudah memiliki fitur berbagi yang bisa kalian salin alamat lokasi yang kalian pilih. Akan tetapi di aplikasi WhatsApp sudah memiliki fitur ini oleh karena itu berbagi lokasi akan lebih mudah.

Dari beberapa fitur yang ada di WA berbagai lokasi terkini adalah fitur yang paling berguna dan paling sering digunakan. Sebagai contoh jika kalian ingin bertemu teman kalian di suatu tempat.

Dengan membagikan lokasi terkini dimana teman kalian berada maka kalian akan langsung tau di mana letak posisi teman kalian itu. Dari segi ke akuratan lokasi terkini tergantung masing-masing perangkat yang di gunakan.

Oleh karena itu saran saya jika ingin membagikan lokasi terkini lakukan minimal 3 kali akses GPS supaya posisi akurat kalian terdeteksi. Nah masalah lainnya yang sering muncul yaitu kita tidak bisa berbagi lokasi terkini di aplikasi WhatsApp.

Terkadang pengguna tidak bisa share lokasi lewat aplikasi WhatsApp karena beberapa faktor dan alasan. Supaya kalian tau kenapa WhatsApp tidak bisa berbagi lokasi kalian bisa baca penjelasan saya dibawah ini.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara menandai lokasi tertentu di Maps serta cara memperbaiki GPS tidak akurat di Android.

Penyebab Tidak Bisa Membagikan Lokasi


1. Perizinan Aplikasi


Yang pertama yaitu karena masalah izin aplikasi. Seperti yang kalian ketahui jika suatu aplikasi membutuhkan akses tertentu di perangkat Android kita seperti kontak, file manager, atau lokasi maka pengguna harus mengizinkan terlebih dahulu.

Salah satunya yaitu izin lokasi, karena izin lokasi cukup sensitif sehingga di Android 10 pengguna bisa mengatur sendiri izin lokasi masing-masing aplikasi. Singkatnya pastikan aplikasi WA yang kalian install mendapatkan izin lokasi supaya bisa mengambil lokasi dari Maps.

2. GPS Belum Aktif


Berikutnya karena GPS belum aktif. Untuk bisa mengetahui lokasi saat ini sebuah perangkat membutuhkan akses GPS. Global Positioning System atau GPS adalah sebuah sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi.

Sedangkan Maps adalah peta digital yang menggambarkan permukaan bumi. Oleh karena itu supaya kita tau lokasi kita di Maps fitur GPS wajib aktif. Jika tidak memerlukan lokasi saat ini tidak mengaktifkan GPS tidak masalah.

3. Maps Berat


Yang terakhir biasanya karena aplikasi WhatsApp sulit mengakses Maps karena berat dan sulit menentukan lokasi saat ini walaupun GPS sudah di aktifkan. Perlu di ingat kalian wajib memastikan lokasi kalian saat ini sebelum mengirimnya ke orang lain.

Hal ini dilakukan supaya lokasi yang kalian bagikan benar. Jika tidak benar ditakutkan orang yang ingin bertemu kalian nyasar ke tempat lain karena lokasi yang kalian share adalah lokasi lain dan sangat jauh dari lokasi kalian yang sebenarnya.

Nah itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi berbagi lokasi di WhatsApp tidak bisa. Sebenarnya bukan tidak bisa, hanya saja ada beberapa akses dan fitur pendukung yang belum kalian aktifkan.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kalian yang mengalami tidak bisa share location lewat WhatsApp. Tidak tau cara menghitung luas tanah secara online? kalian bisa baca cara hitung tanah secara online lewat Maps di artikel yang sudah pernah saya bahas.


EmoticonEmoticon