Cara Mengatasi Pencadangan WhatsApp Yang Berhenti dan Tidak Mau 100%

Cara Mengatasi Pencadangan WhatsApp Yang Berhenti dan Tidak Mau 100%

KEPOINDONESIA.id - Melakukan pencadangan atau backup data WhatsApp bisa kalian atur secara otomatis supaya jika ada hal-hal yang tidak diinginkan kalian memiliki data backup yang baru. Walaupun pencadangan otomatis terlihat fungsional dan membantu tetapi nyatanya tidak banyak digunakan oleh pengguna WhatsApp.

Salah satu hal yang membuat orang tidak suka dengan pencadangan otomatis WhatsApp yaitu pencadangan bisa tiba-tiba muncul pada waktu yang tidak tepat. Apalagi jika data WhatsApp kalian banyak maka akan memakan kuota internet dan waktu yang banyak pula.

Daripada menggunakan pencadangan atau backup otomatis saya sendiri lebih suka melakukan pencadangan secara manual. Jadi saya bisa atur dan memilih waktu yang tepat untuk melakukan pencadangan data WhatsApp.

Seperti saat ingin menghabiskan kuota internet karena masa berlakunya sudah habis atau pada waktu yang lain. Nah saat proses pencadangan biasanya memakan waktu dan harus 100% supaya pencadangan benar-benar berhasil.

Jika belum atau tidak sampai 100% pencadangan tidak akan tersimpan. Bagaimana jika pencadangan dan mengunggah data backup berhenti sebagai contoh berhenti di 70% atau berhenti di 99%? Apakah proses pencadangan akan gagal?.

Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai hapus file msgstore WhatsApp berbahaya atau tidak serta cara menghilangkan memeriksa pesan baru di WhatsApp yang tidak bisa dihilangkan.

Jadi bagaimana jika proses pencadangan atau backup WhatsApp berhenti dan tidak sampai 100% apakah akan gagal?. Sebelum kalian tekan tanda silang atau membatalkan proses pencadangan proses pencadangan belum gagal walaupun prosesnya tidak mau berjalan.

Proses pencadangan data WhatsApp memang lama apalagi data yang dicadangkan lebih dari 1 GB. Selain karena prosesnya yang memang lama setidaknya ada 2 faktor yang cukup mempengaruhi proses backup data WhatsApp.

Yang pertama yaitu koneksi internet yang digunakan dan yang kedua spesifikasi perangkat yang digunakan. Walaupun di backup ke penyimpanan lokal tetapi kemungkinan besar tetap membutuhkan koneksi internet.

Apalagi jika kalian melakukan pencadangannya ke Google Drive maka koneksi internet wajib terhubung dan lancar. Selain itu spesifikasi perangkat juga berpengaruh semakin tinggi spesifikasinya akan semakin cepat proses pencadangannya.

Jadi jika prosesnya tidak berjalan langkah pertama yang bisa kalian coba yaitu memperbaiki koneksi internet baik saat kalian menggunakan data seluler atau saat menggunakan jaringan wifi. Jika ternyata tidak ada masalah pada koneksi internet kalian bisa tunggu saja dan jangan tekan batal atau menutup aplikasi WhatsApp secara paksa.

Masalah pencadangan WhatsApp yang tidak selesai memang sering terjadi. Jadi kalian bisa atur penyimpanan WhatsApp supaya tidak terlalu banyak. Jika terlalu banyak tentu saja kalian akan kerepotan saat ingin melakukan pencadangan.

Selain proses pencadangan yang tidak mau 100% kalian bisa baca artikel mengenai cara membatalkan pencadangan otomatis WhatsApp yang tidak bisa dibatalkan atau dihentikan. Karena jika banyak dan terlalu lama lebih baik kalian batalkan saja.


EmoticonEmoticon