Solusi Installer Paket Telah Berhenti Saat Install Aplikasi

Solusi Installer Paket Telah Berhenti Saat Install Aplikasi

KEPOINDONESIA.id - Ketika kalian ingin menginstall aplikasi di Android lewat file APK kalian wajib melakukannya lewat installer. Di sistem operasi seperti Android dan Windows secara default installer sudah terinstall dan kalian hanya perlu mencari dan menginstall file .APK atau .EXE terkait.

Hanya saja untuk di Android sebelum bisa melakukan proses install atau pemasangan kalian wajib mengaktifkan sumber terbuka atau open source. Tanpa mengaktifkan open source kalian tidak akan diizinkan mengakses installer di Android.

Umumnya jika melakukan pemasangan aplikasi menggunakan file .APK atau tidak langsung dari Play Store akan ada beberapa masalah. Seperti paket aplikasi rusak, aplikasi tidak terpasang, aplikasi tidak mendukung atau yang lainnya.

Permasalahan tersebut bisa terjadi sepenuhnya karena ada masalah dari sisi aplikasi. Bisa karena file .APK corrupt, basis aplikasi tidak cocok dengan sistem operasi, ukuran aplikasi yang terlalu besar, atau versi aplikasi yang tidak sesuai.

Nah yang akan saya bahas yaitu bagaimana dengan masalah "Installer paket telah berhenti" saat ingin memasang atau install aplikasi di Android. Memang masalah ini jarang terjadi tetapi jika kalian mengalaminya pasti akan bingung.

Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan solusi dan cara mengatasi masalah installer paket telah berhenti atau installer paket terus berhenti saat install aplikasi Android. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel lainnya yang sudah pernah saya bahas.

Seperti kenapa HP Android sering menginstall aplikasi sendiri tanpa sepengetahuan kita serta fungsi aplikasi Mi Share di HP Xiaomi dan apa bedanya dengan ShareMe. Untuk tau apa saja yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi installer telah berhenti kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Ukuran File .APK Terlalu Besar


Penyebab utama kenapa sampai installer aplikasi sampai berhenti yaitu karena ukuran file yang akan di install terlalu besar atau tidak sesuai dengan perangkat yang kalian miliki. Jika terlalu besar hal ini sangat wajar terjadi.

Kenapa saya bisa menyimpulkan hal tersebut? karena masalah installer Android yang terus berhenti saat install aplikasi sangat sering saya alami dulu saat masih menggunakan HP low-end yang spesifikasinya sangatlah pas-pasan.

Solusinya apa? kalian bisa reboot perangkat kalian sebelum melakukan proses penginstalan. Ruang penyimpanan tersendiri tidak berpengaruh karena ini masalah installer yang tidak merespon karena ukuran file .APK yang terlalu besar.

Kareba Bug atau Versi Aplikasi Tidak Sesuai


Dan penyebab lainnya selain ukuran file APK yang terlalu besar yaitu karena bug aplikasi. Ini biasanya terjadi pada aplikasi yang sudah di modifikasi bukan aplikasi versi asli. Karen jika kalian mencoba install aplikasi yang sama tetapi versi asli maka masalah installer terhenti sendiri tidak akan muncul.

Seperti yang kalian tau untuk mendapatkan versi yang sesuai baik versi perangkat atau prosesor kalian bisa install aplikasi dan game lewat Play Store. Jika tidak lewat Play Store maka tidak ada jaminan versi tersebut cocok dengan perangkat kalian.

Selain melakukan reboot perangkat atau mencari versi aplikasi yang sesuai kalian bisa coba hapus cache dan data aplikasi installer. Untuk cara mencarinya kalian bisa cari di pengaturan aplikasi dan pilih semua aplikasi.

Setelah itu silakan kalian cari aplikasi atau aplikasi sistem yang namanya mirip-mirip dengan installer. Walau jarang terjadi tetapi jika kalian sering mengalami hal ini maka akan sangat merepotkan khususnya jika kalian suka install aplikasi menggunakan file .APK.

Sekian penjelasan dari saya mengenai installer aplikasi yang terus berhenti. Sebelum saya akhiri bagi kalian yang mengalami masalah saat menggunakan papan panggilan atau papan panggilan tidak bisa digunakan kalian bisa baca artikel yang sebelumnya sudah pernah saya bahas.


EmoticonEmoticon