Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Menginstall Sendiri di Android

Penyebab dan Cara Mengatasi Aplikasi Menginstall Sendiri di Android

KEPOINDONESIA.id - Sering mengalami aplikasi yang ada di perangkat Android kalian tiba-tiba ada aplikasi yang tidak kalian kenal dan kalian tidak merasa menginstall aplikasi tersebut? jika iya kalian perlu baca artikel ini sampai selesai.

Saya akan bahas mengenai kenapa aplikasi bisa terinstall sendiri di perangkat Android serta apa penyebabnya. Setidaknya ada 2 penyebab utama yang perlu kalian ketahui untuk mengidentifikasi perangkat kalian dalam bahaya atau tidak.

Tidak hanya di Android, sebenarnya kasus serupa juga sering terjadi di Windows. Kalian tidak merasa menginstall aplikasi atau program tersebut tetapi entah kenapa di Start Menu ada program yang tidak dikenal tadi.

Untuk penyebabnya pun sama oleh karena itu kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Perlu di ingat yang akan saya bahas yaitu aplikasi yang terinstall atau memasang sendiri bukan aplikasi yang otomatis memperbarui.

Jika kalian penasaran kenapa aplikasi bisa memperbarui sendiri itu karena update otomatis tidak dimatikan. Berbeda jika menginstall sendiri, ada 2 penyebab utama yang perlu kalian ketahui dan salah satunya perlu kalian atasi dengan benar.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan utamanya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang akan saya bahas. Seperti cara mengatasi tidak bisa memutar video lewat Opera Mini serta solusi aplikasi Zoom yang selalu keluar sendiri saat digunakan.


Efek Menginstall Aplikasi


Penyebab pertama kenapa ada aplikasi yang tidak kalian install tetapi ada di menu yaitu karena kalian baru saja menginstall aplikasi yang merekomendasikan aplikasi lain. Untuk saat ini banyak aplikasi yang memiliki sistem seperti ini.

Apa ini baik? tentu saja tidak karena tidak sepengetahuan pengguna. Apakah aman? tergantung dari aplikasinya. Baik di Android atau di Windows kasus ini sudah sangat sering terjadi sedangkan di iOS saya kurang tau.

Sebagai contoh kalian menginstall aplikasi browser maka biasanya selain browser yang kalian install tadi ada aplikasi lainnya yang juga terinstall seperti aplikasi VPN atau File Manager.

Kemungkinan besar ini terjadi karena browser yang kalian install bekerja sama dengan aplikasi terkait supaya aplikasi tersebut juga terinstall. Di Android setahu saya tidak ada pilihannya sedangkan di Windows terkadang pengguna bisa memilih ingin di install juga atau tidak.


Efek Virus


Berikutnya yang perlu kalian perhatikan yaitu karena virus. Baik virus yang tidak sengaja seperti entah kenapa perangkat kalian bisa terkena virus atau virus yang kalian dapatkan setelah menginstall atau memasang aplikasi yang tidak jelas.

Di beberapa kasus kalian bisa langsung menghapus aplikasi yang tidak jelas tersebut supaya tidak ada aplikasi lainnya yang terinstall sendiri. Tetapi tidak jarang cukup sulit dihapus dan kalian perlu menginstall aplikasi virus andalan.

Sebelum sumber virus yang berupa aplikasi atau program tidak jelas tadi dihapus kemungkinan perangkat kalian akan terus menginstall aplikasi yang tidak jelas. Oleh karena itu menghapusnya dengan antivirus perlu kalian lakukan.

Jadi bisa kalian simpulkan sendiri penyebab mana yang sedang kalian alami. Sebenarnya penyebabnya tidak jauh berbeda, hanya saja penyebab utamanya yang berbeda. Jika hanya karena aplikasi yang kalian install merekomendasikan aplikasi lain ini tidak masalah karena jika ada yang tidak beres aplikasi yang kalian install tidak akan ada di Play Store.

Tetapi jika karena penyebabnya berasal dari virus yang ada di aplikasi maka perlu perhatian khusus. Kalian perlu menghapus aplikasi yang teridentifikasi sebagai virus supaya aplikasi tidak jelas yang terinstall tidak semakin banyak.

Cukup sekian penjelasan dari saya semoga bermanfaat untuk kalian semua. Sering menerima pop up pesan Kelas 0 yang mengganggu? kalian bisa baca artikel mengenai cara menghilangkan pesan kelas 0 di semua operator seluler.


EmoticonEmoticon