Pengertian File APK di Android

Pengertian File APK di Android

KEPOINDONESIA.id - Saat kalian mengunduh aplikasi dari internet alias di luar Play Store untuk perangkat Android, format file yang akan kalian dapatkan yaitu .apk. Sama seperti jika kalian mengunduh aplikasi dari luar Microsoft Store pasti formatnya .exe.

Yang mungkin menjadi pertanyaan banyak orang ialah, apa sebenarnya APK itu? Karena saat menginstall aplikasi dari Play Store proses penginstalan aplikasi otomatis berjalan dan tidak perlu yang namanya file APK.

Sebenarnya proses penginstalan aplikasi dari Play Store juga menggunakan file .apk, hanya saja karena prosesnya sudah secara otomatis maka kalian tidak perlu file .apk lagi. Supaya kalian lebih tau mengenai apa itu .apk kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. Seperti apa fungsi fitur TalkBack di Android serta solusi halaman tidak merespon.

Apa Itu APK?


APK sendiri adalah kepanjangan dari Android Package Kit yang merupakan sebuah paket software yang digunakan pada sistem Android untuk mendistribusikan aplikasi. Seperti yang sudah saya jelaskan tadi, .apk sama seperti .exe.

Jadi jika kalian ingin menginstall aplikasi tanpa lewat Play Store kalian harus memiliki file .apk aplikasi tersebut. Tanpa file. apk kalian hanya bisa menginstall aplikasi dari Play Store saja.

Alasan kenapa banyak orang lebih memilih file .apk karena beberapa alasan. Sebagai contoh ingin mencoba aplikasi versi terdahulu yang disediakan oleh pihak ketiga di internet. Karena semua aplikasi dan game di Play Store versi terbaru semua.

Intinya banyak orang mengunduh file .apk di internet karena file tersebut memiliki perbedaan dengan file resmi yang ada di Play Store. Walaupun file yang sama persis bisa kalian temui juga di internet.

File APK Aman atau Tidak


Sama seperti file .exe, .apk bisa aman bisa tidak tergantung sumber kalian mendapatkan file tersebut. Akan tetapi jika file yang kalian cari sama seperti yang ada di Play Store saya rasa aman-aman saja.

Kecuali jika kalian mencari versi mod atau premium dari aplikasi tersebut, pasti sudah di modifikasi oleh orang yang memodifikasi aplikasi tadi. Oleh karena itu kalian harus pilih-pilih tidak mengunduh file di sembarang tempat.

Salah satu tempat untuk mengunduh file APK yang aman yaitu di APKMirror dan APKPure. Selain aman, banyak versi sebelumnya yang bisa kalian coba. Karena terkadang fitur yang ada di versi sebelumnya lebih menarik dan tidak berat.

Jadi itu dia yang dimaksud dengan APK. Untuk bisa menginstall file .apk pastikan perangkat kalian sudah mengaktifkan sumber tidak dikenal. Karena jika sumber tidak dikenal nonaktif proses penginstalan file .apk tidak bisa dilakukan.

Tidak tau cara backup aplikasi menjadi file APK? jika kalian tidak tau kalian bisa baca artikel yang sudah saya bahas. Cara ini bisa kalian lakukan jika kalian ingin mengirim aplikasi lewat Bluetooth.


EmoticonEmoticon