3 Solusi Jaringan 3G Hilang atau Tidak Muncul

3 Solusi Jaringan 3G Hilang atau Tidak Muncul

KEPOINDONESIA.id - 3G salah satu jaringan internet yang dulu sempat populer. Jaringan ini lebih cepat dari pada 2G atau EDGE dan dulu sempat menjadi andalan. Lalu bagaimana dengan saat ini? apakah 3G masih dibutuhkan?

Tidak hanya 3G, jaringan dibawahnya seperti EDGE, 2G, dan GPRS tentu saja masih diandalkan. Karena walaupun ponsel pintar sudah merajalela tetapi ponsel biasa seperti feature phone masih cukup diminati.

3G juga perlu walaupun ada jaringan 4G. Seperti yang kalian ketahui di jaringan 4G pengguna tidak bisa melakukan SMS dan panggilan telepon tanpa bantuan VoLTE. Mungkin itu menjadi salah satu kelemahan dari jaringan 4G.

Bagaimana jika di perangkat kalian jaringan 3G tiba-tiba tidak muncul atau hilang? Jika jaringan 3G hilang seharusnya jaringan 4G di perangkat kalian juga akan hilang atau tidak muncul jika menggunakan operator yang sama.

Karena jaringan akan menyesuaikan dari 4G, ke 3G, dan ke EDGE jika di wilayah tersebut tidak ada koneksi jaringan terkait. Apa ada cara supaya jaringan 3G muncul kembali? tentu saja ada tergantung dari penyebabnya.

Oleh karena itu kali ini saya akan menjelaskan solusi mengatasi jaringan 3G tiba-tiba hilang atau tidak muncul. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca kenapa panggilan selalu diakhiri serta cara daftar paket 3 32GB 30 hari.

Mengatasi Sinyal 3G Tidak Muncul atau Hilang


1. Operator Tidak Mendukung 3G


Kalian pengguna operator seluler Smartfren tidak akan menemukan jaringan selain 4G, karena Smartfren hanya memiliki jaringan 4G. Jaringan 2G dan 3G tidak dimiliki Smaftren karena awalnya Smartfren merupakan provider CDMA dan migrasi ke GSM dengan 4G.

2. Efek Lock Jaringan


Banyak pengguna Android yang melakukan kunci atau lock jaringan di perangkat mereka ke 4G. Cara tersebut dilakukan supaya jaringan seluler tidak turun ke 3G atau dibawanya. Hal tersebut memang menguntungkan.

Akan tetapi jika suatu saat membutuhkan jaringan 3G perangkat tidak akan bisa menyediakannya. Karena jaringan telah di kunci di 4G dan pengguna harus membuka kunci jaringan terlebih dahulu.

3. Operator Seluler Sudah Tidak Mendukung 3G


Saya pernah mendengar isu bahwa jaringan 3G akan mulai ditinggalkan dan sepenuhnya akan menggunakan jaringan 4G dan jaringan 5G jika sudah tersedia. Apakah isu tersebut benar atau tidak saya kurang tau.

Itu dia beberapa faktor yang bisa menyebabkan jaringan 3G hilang atau tidak muncul. Bagi kalian pengguna Smartfren tidak usah heran, karena Smartfren hanya memiliki jaringan 4G saja dan itu sudah cukup bagus.

Cukup sekian penjelasan dari saya semoga bermanfaat. Nomor Telkomsel by.U aktif selamanya? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel berapa lama masa aktif kartu by.U dari Telkomsel.


EmoticonEmoticon