3 Penyebab Wifi Tidak Bisa Dimatikan

3 Penyebab Wifi Tidak Bisa Dimatikan

KEPOINDONESIA.id - Wifi adalah fitur yang paling sering kalian gunakan jika di sekitar kalian banyak jaringan Wifi yang bisa digunakan. Dari pada data seluler, saya pikir penggunaan Wifi di kota lebih banyak dari pada di kampung karena wifi bisa didapatkan dengan mudah.

Seperti yang kita ketahui dengan Wifi kalian tidak usah menggunakan jaringan dari data seluler untuk bisa mengakses internet. Selain gratis kecepatan internet wifi terbilang lebih cepat, walaupun tidak semua Wifi dijamin mempunyai kecepatan yang cepat.

Selain itu internetan menggunakan Wifi lebih hemat daya karena perangkat kita tidak mencari sinyal terus menerus untuk menghubungkan kalian ke internet. Oleh karena itu banyak orang yang rela berlangganan Wifi supaya bisa menikmati 2 keuntungan menggunakan Wifi yang sudah saya jelaskan tadi.

Nah bagi kalian yang sering menggunakan Wifi, pernah tidak mengalami Wifi di HP kalian tidak bisa di nonaktifkan atau dimatikan? Saya pernah mengalami beberapa kali wifi tidak bisa dimatikan alias jika dimatikan akan aktif lagi.

Jika kalian sudah pernah membaca artikel saya sebelumnya tentang penyebab wifi aktif sendiri, ini berbeda kasus. Untuk lebih jelasnya langsung saja kalian simak penjelasan saya dibawah ini tentang penyebab dan cara mengatasi Wifi yang tidak bisa dimatikan.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang mungkin berguna bagi kalian. Seperti solusi indikator BCA Mobile yang tidak mau hijau serta cara mematikan fitur yang bisa menyebabkan Bluetooth aktif sendiri.

Cara Mengatasi Wifi Tidak Bisa Dimatikan


1. Tutup Aplikasi Yang Membutuhkan Wifi


Cara pertama yang bisa kalian lakukan ialah menutup aplikasi yang menggunakan fitur Wifi. Karena jika aplikasi ini masih berjalan dan aplikasi tersebut membutuhkan dukungan Wifi maka Wifi tidak akan bisa dimatikan karena jika dimatikan akan aktif lagi.

Ada beberapa aplikasi yang menggunakan Wifi secara terus menerus, sebagai contoh aplikasi SHAREit dan Akulaku. SHAREit menggunakan Wifi untuk mengirim file sedangkan Akulaku menggunakan Wifi ketika data seluler di matikan.

Singkatnya aplikasi Akulaku akan mengaktifkan Wifi ketika tidak mendapat koneksi internet dari data seluler. Jika Wifi dimatikan tetapi aplikasi Akulaku masih berjalan maka beberapa detik Wifi akan aktif kembali.

2. Wifi Error


Selain tidak bisa dimatikan, Wifi error memang biasanya menyebabkan Wifi tidak bisa dinyalakan juga. Ciri Wifi error bisa kalian lihat pada indikator Wifi di notifikasi bar. Akan ada jeda saat kalian mengaktifkan Wifi atau mematikan Wifi yang menandakan sistem bingung ingin mematikan atau menyalakan.

Untuk mengatasi masalah yang satu ini kalian bisa reboot perangkat Android yang kalian miliki. Setelah berhasil reboot pasti Wifi akan normal kembali. Bisa dinyalakan dan pastinya bisa di nonaktifkan juga.

3. Bug


Yang terakhir karena bug. Sebenarnya jika kalian menggunakan Stock ROM permasalahan ini tidak akan terjadi. Jika terjadi sangat jarang sekali. Tetapi beda kasus jika kalian sering gonta ganti ROM dengan Custom ROM, permasalahan fitur yang tidak bisa di aktifkan atau tidak bisa matikan pasti akan terjadi.

Nah itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi jika Wifi tidak bisa dimatikan. Selain Wifi, Bluetooth dan GPS yang tidak bisa dimatikan juga sering terjadi. Namun untuk permasalahan tersebut akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Terakhir jika kalian tidak bisa mengirim file dengan SHAREit karena permintaan ditolak, kalian bisa baca cara mengatasi tidak bisa mengirim file lewat SHAREit. Kasus ini sering terjadi jika kalian mengirim dari Android ke perangkat Windows.


EmoticonEmoticon