Penyebab dan Cara Mengatasi HP iPhone Yang Panas dan Lag Tidak Wajar

Penyebab dan Cara Mengatasi HP iPhone Yang Panas dan Lag Tidak Wajar

KEPOINDONESIA.id - HP Android yang panas cukup membuat pengguna Android menjadi khawatir karena HP yang panas tidak nyaman saat digunakan. Efek dari HP yang panas biasanya membuat penggunaan baterai menjadi lebih banyak dan baterai terkesan lebih boros.

Panas pada sebuah perangkat elektronik seperti HP, Laptop, dan Tab memang sangat wajar terjadi. Semakin tinggi prosesor yang digunakan jika digunakan untuk pekerjaan yang berat maka panasnya cepat terasa.

Tetapi dengan semakin tinggi prosesor yang digunakan semua pekerjaan jadi mudah dilakukan dan tidak muncul lag atau terhenti sendiri. Apa saja yang menyebabkan HP iPhone panas dan bagaimana cara mengatasinya?.

Untuk mengatasi iPhone yang panas saat digunakan kalian perlu melakukan dan memastikan beberapa hal. Walaupun sistem operasi iOS terbilang sangat ringan tetapi untuk bagian hardware tidak akan bisa berbohong.

Karena kemungkinan ada beberapa fitur atau setelan yang membuat iPhone terus bekerja tanpa kalian ketahui. Nah untuk mengatasi iPhone yang panas supaya normal kembali kalian bisa baca artikel ini sampai selesai.

Akan saya jelaskan beberapa hal yang ada kaitannya dengan iPhone panas. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca kenapa fitur fast charging tidak aktif serta apakah kalian sering mengalami Flashdisk panas saat dihubungkan ke Laptop atau PC? kalian bisa baca apa penyebabnya.

Cara Mengatasi HP iPhone Yang Panas Saat Digunakan


1. Pastikan Wifi, Bluetooth, dan Layanan Lokasi Tidak Aktif


Betul sekali fitur Wifi, Bluetooth, dan Layanan Lokasi di iPhone wajib di nonaktifkan langsung lewat Setelan. Karena jika kalian mematikannya hanya lewat kontrol panel maka itu hanya mati sehari saja dan di hari berikutnya akan otomatis menyala kembali.

Bukannya tidak boleh mengaktifkan ketiga fitur tadi, tetapi jika tidak digunakan lebih baik kalian matikan. Selain mencegah supaya iPhone kalian tidak panas hal tersebut juga bisa membuat HP iPhone menjadi lebih hemat baterai.

2. Atur Kecerahan Layar Sesuai Kebutuhan


Kecerahan layar bisa diatur untuk memudahkan pengguna, tetapi jika kalian atur terlalu cerah dan terang maka bisa membuat HP iPhone kalian panas. Apalagi jika tidak benar-benar dibutuhkan maka hanya akan membuat boros baterai.

Selain itu jika kalian selalu mengatur kecerahan layar pada setelan tinggi atau maksimal bisa menyebabkan masalah layar khususnya di layar iPhone tipe OLED. Layar OLED akan mudah muncul shadow karena kecerahan layar yang terlalu tinggi.

3. Gunakan Jaringan Wifi Daripada Data Seluler


Jika disekitar kalian ada jaringan wifi lebih baik gunakan jaringan wifi saja daripada menggunakan data seluler. Karena sudah terbukti jika menggunakan jaringan Wifi penggunaan baterai akan lebih hemat karena perangkat tidak mencari sinyal.

Sedangkan jika menggunakan data seluler perangkat akan terus mencari sinyal supaya tetap bisa mengakses internet secara stabil. Apalagi jika kalian menggunakan jaringan wifi dan mengaktifkan mode pesawat maka selain tidak mudah cepat panas baterai akan lebih jauh awet.

4. Jangan Gunakan iPhone Saat Sedang di Charger


Terakhir jika kalian merasa HP iPhone kalian panas saat sedang di charger itu adalah hal biasa. Dan saat di charger jangan gunakan HP iPhone kalian untuk keperluan yang tidak penting karena hanya akan membuat iPhone menjadi lebih panas.

Semakin cepat dan banyak daya yang masuk saat proses charging maka perangkat akan semakin panas. Ini sangat wajar dan yang perlu dihindari yaitu menggunakan HP saat di charger untuk keperluan tidak penting seperti bermain game atau nonton video.

Panas saat kalian sedang merekam video menggunakan iPhone juga bisa terjadi karena memang modul kamera bekerja dengan keras khususnya jika kalian merekam dengan kualitas tinggi dalam jangka waktu yang lama.

Atau iPhone kalian panas setelah update iOS ini juga wajar karena iOS versi terbaru sedang beradaptasi dengan perangkat. Minimal kalian gunakan dulu 1 minggu supaya kalian benar-benar tau perubahan setelah update iOS ke versi terbaru.

Itu dia beberapa hal yang bisa menyebabkan iPhone panas dan beberapa solusinya. Sering mengalami HP kalian mati sendiri baik Android atau iPhone? kalian bisa baca artikel mengenai HP sering mati sendiri secara tiba-tiba tanpa sebab.


EmoticonEmoticon