4 Penyebab HP Sering Mati atau Tiba-Tiba Mati Sendiri

4 Penyebab HP Sering Mati atau Tiba-Tiba Mati Sendiri

KEPOINDONESIA.id - Kebanyakan orang akan merasa panik dan bingung jika HP yang mereka miliki sering tiba-tiba mati atau shut down tanpa sebab. HP yang sering mati sendiri bukan lah hal wajar, karena selama ada daya baterai seharusnya HP tetap akan menyala.

Nah jika HP yang kalian miliki sering mati sendiri salah satu penyebabnya karena ada masalah pada baterai yang ada di perangkat kalian. Apa karena masalah di komponen baterai saja atau ada yang lainnya?

Yang jelas tidak hanya karena baterai, HP yang tiba-tiba mati bisa terjadi karena faktor lain. Misalnya kalian terlalu lama memainkan HP yang kalian miliki untuk bermain game. Walaupun jarang terjadi tetapi ini bisa menyebabkan HP Android shut down tanpa sebab.

Supaya lebih jelas langsung saja saya jelaskan beberapa penyebab yang bisa menyebabkan HP atau smartphone seperti Android yang tiba-tiba mati tanpa sebab. Ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan masalah tersebut.

Namun sebelum lanjut ke penyebabnya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya tentang Android. Seperti cara mengatur resolusi kamera Android serta bahaya melepas kartu SD tanpa mematikan perangkat.

Penyebab dan Solusi Mengatasi HP Sering Mati Sendiri Secara Tiba-Tiba


1. Baterai Drop


Penyebab pertama seperti yang sudah saya katakan tadi yaitu masalah pada baterai. Singkatnya perangkat tiba-tiba tidak mendapatkan suplai listrik dan menjadi mati. Ini bisa terjadi jika baterai HP kalian sudah mulai drop, kembung, atau sudah bocor.

Ciri khusus baterai yang sudah rusak atau error yaitu baterai masih banyak tetapi tiba-tiba HP mati sendiri dan setelah dinyalakan baterai sudah habis. Ini tidak hanya terjadi di HP saja, di Laptop masalah seperti ini juga sering terjadi malahan lebih sering dari pada di HP.

2. Kinerja Perangkat Terlalu Berat


Yang berikutnya karena HP yang kalian miliki tiba-tiba kinerjanya melonjak karena suatu hal. Seperti yang pernah saya alami yaitu saat membuka game berat. Karena prosesor dan RAM di HP yang saya miliki pas-pasan menyebabkan HP mati sendiri setelah mencoba menjalankan game tersebut.

Kasus ini memang jarang terjadi, karena rata-rata aplikasi akan force close dan tidak akan menyebabkan HP mati sendiri. Walaupun begitu cukup banyak kasus HP mati sendiri karena terlalu berat menjalankan aplikasi dan game.

3. Overheat


Overheat atau panas yang berlebihan bisa menyebabkan perangkat shut down sendiri, walaupun tergantung dari pengaturan masing-masing perangkat. Karena ada HP Android setiap overheat perangkat atau shut down secara otomatis. Tetapi ada juga yang tidak ada peringatan walaupun sudah throttling.

4. Kesalahan Sistem


Dan yang terakhir karena kesalahan sistem. Kesalahan sistem yang saya maksud seperti kalian melakukan update atau perubahan yang sedikit riskan terhadap aplikasi sistem. Seperti melakukan rooting atau merubah DPI layar.

Oleh karena itu jangan coba-coba melakukan perubahan apapun jika kalian tidak tau fungsi dan efeknya. Misalnya merubah DPI layar bisa membuat HP Android kalian menjadi bootloop dan tidak bisa digunakan lagi sebelum kalian hard reset atau kalian flash.

Nah itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan HP Android kalian tiba-tiba mati. Sebenarnya tidak untuk Android saja, karena kasus baterai drop bisa membuat perangkat apapun mati secara tiba-tiba di perangkat yang menggunakan baterai.

Cukup sekian pembahasan dari saya semoga kalian terbantu. Tidak tau cara menyimpan project Kinemaster supaya tidak terhapus? Jika kalian belum tau caranya kalian bisa baca artikel tentang menyimpan project di aplikasi Kinemaster.


EmoticonEmoticon