Cara Merawat dan Mengatasi Senar Pancing Yang Keriting atau Kusut

Cara Merawat dan Mengatasi Senar Pancing Yang Keriting atau Kusut

KEPOINDONESIA.id - Bagi yang suka memancing khususnya memancing ikan menggunakan senar pancing yang bagus adalah hal utama supaya kesan memancing lebih nyaman dan menyenangkan. Sebenarnya senar yang kusut dan kerinting tidak begitu berpengaruh.

Karena jika ikan mau makan maka tetap saja akan langsung strike. Hanya saja kesannya kurang dan tidak terlihat rapi. Masalah pada senang pancing yang paling sering dijumpai yaitu jika tidak keriting maka senarnya kusut.

Bisa karena lama pemakaian atau karena penggunaan senar yang salah. Senar yang sudah kusut kemungkinan masih bisa dibuat supaya lurus atau seperti baru kembali asalkan tidak terlalu parah.

Senar yang sudah kusut dan keriting bisa kalian buat supaya lurus bahkan seperti baru lagi dengan tips yang akan saya bahas untuk membuat senar atau kenur pancing lurus. Apa tipsnya? tips nya sederhana saja dan bisa kalian coba dirumah secara langsung tanpa ribet.

Untuk tau tipsnya langsung saja saya kalian simak artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai istilah populer dalam memancing serta umpan jitu untuk mancing belut di sawah.

Meluruskan dan Melenturkan Senar atau Kenur Supaya Seperti Baru


Menggunakan Rebusan Air Teh


Yang pertama kalian bisa membuat senar atau kenur yang keriting dan kusut seperti baru kembali. Cara lengkapnya bisa kalian simak tutorial dibawah ini:

  1. Kalian rebus air teh hingga mendidih dan jika sudah mendidih masukan teh tubruk secukupnya dan rebus kembali
  2. Aduh rebusan teh tadi sampai airnya berubah warna
  3. Setelah tercampur dengan merata dan mendidih langsung saja tuangkan air rebusan tadi ke tempat yang lebar seperti baskom atau ember dan jangan lupa saring supaya teh nya tidak ikut
  4. Kemudian silakan rendam bagian senar panjang yang sudah keriting atau kusut dan hanya rendam bagian itu saja jangan semuanya apalagi sampai memasukkan reel ke dalam air rebusan
  5. Setelah dirasa senar sudah sedikit lemas dan tidak kusut atau keriting silakan kalian angkat dan tarik secara harus supaya lurus kembali


Menggunakan Kain dan Shampo


Untuk cara yang satu ini saya kira hampir sama seperti saat ingin meluruskan rambut yang kusut. Untuk tau caranya langsung saja kalian simak:

  1. Siapkan kain bersih yang halus dan shampo bebas merek apapun
  2. Buka pengunci reel dan tarik senar yang kusut atau keriting tadi
  3. Tuangkan shampo ke kain halus yang bersih tadi dan oleskan ke senang yang sudah kalian ulur. Kemudian gulung reel sambil kalian mengoleskan shampo yang ada di kain ke senar
  4. Jika hasilnya masih kurang bisa kalian ulang sampai beberapa kali

Sangat mudah bukan mengembalikan senar atau kenur pancing yang kusut atau keriting. Ingat kalian hanya perlu memperbaiki senar yang sudah kusut atau keriting dan jangan di senar yang masih normal.

Semakin kecil ukuran senar maka senar atau kenur akan cepat kusut dan keriting. Oleh karena itu jika kalian suka dengan senar yang kecil kalian harus menggunakannya secara hati-hati berbeda dengan senar ukuran besar yang lebih kaku dan sulit keriting.

Sebelum saya akhiri jika kalian sering memancing sendiri dan ingin mengajak teman kalian bisa baca artikel mengenai cara ajak teman pergi memancing. Biasanya jika diajak secara cuma-cuma tidak ada yang mau dan kalian harus membujuknya. 


EmoticonEmoticon