Cara Mengeringkan Kertas, Buku, atau Dokumen Yang Basah Terkena Air

Cara Mengeringkan Kertas, Buku, atau Dokumen Yang Basah Terkena Air

KEPOINDONESIA.id - Kertas memang sangat tidak disarankan terkena cairan seperti air karena nanti akan membuat tekstur kertas menjadi keriput. Benar sekali setelah air yang terkena kertas mengering akan meninggalkan bekas yang bagi saya ini tidak bisa dihilangkan.

Tetapi jika buku, dokumen, atau apapun itu yang menggunakan kertas sudah terkena air baik sebagian atau menyeluruh kalian harus tau tindakan yang benar. Umumnya jika buku terkena air maka buku akan diangkat dan dikeringkan di sinar matahari langsung.

Cara ini memang terlihat menjanjikan karena dengan sinar matahari langsung air yang meresap di dalam kertas bisa langsung hilang. Tetapi sayangnya cara ini memiliki kekurangan dan tidak direkomendasikan.

Lalu bagaimana cara mengembalikan atau cara mengatasi kertas yang basah terkena air yang aman dan benar? supaya kertas bisa dibuka dan tidak sobek? ada beberapa cara yang bisa kalian coba dan ikuti.

Jika kalian belum tau caranya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Akan saya bahas beberapa cara untuk mengatasi kertas yang terkena air dan basah supaya kertas tidak sobek atau menempel.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang mungkin bermanfaat bagi kalian. Seperti cara mengatasi jam di HP sering telat atau tidak sinkron serta kenapa saat menelpon tidak terdengar suara padahal sudah terhubung.

Cara Mengeringkan Buku atau Dokumen Yang Basah Dengan Benar


1. Tidak Disarankan Dijemur di Sinar Matahari Langsung


Banyak orang saat buku mereka ketumpahan air akan langsung menjemur buku tadi ke tempat yang panas dan terkena sinar matahari langsung. Memang kertas di buku akan cepat kering tetapi ini tidak disarankan.

Selain bisa merusak tinta buku dan membuat masing-masing lebar buku menempel hal ini juga membuat kertas menjadi kusut karena proses mengeringnya air di kertas yang terlalu cepat membuat kertas menjadi keriput.

Yang bisa kalian lakukan yaitu meletakkan di tempat yang memang panas tetapi tidak terkena sinar matahari langsung. Selain membuat kertas tidak keriput dan tetap halus mengeringnya lembar kertas secara perlahan tidak akan membuat lembar kertas saling menempel.

2. Jangan Buka Lembar Buku Yang Menempel Karena Bisa Sobek


Jika masih basah jangan coba-coba membuka lembaran kertas atau buku yang menempel karena kemungkinan sobeknya sangat tinggi. Minimal kalian tunggu beberapa waktu sampai benar-benar kadar airnya berkurang barulah kalian buka.

3. Gunakan Kipas Angin


Karena tidak disarankan menjemur diatas sinar matahari langsung kalian bisa mempercepat proses pengeringan buku, dokumen, atau kertas yang terkena air menggunakan kipas angin. Tidak se efektif jika dijemur diatas sinar matahari tetapi cara ini lebih aman.

Silakan kalian buka lembaran buka yang basah dan arahkan kipas angin ke buku tersebut. Tetap nyalakan kipas angin sampai sekiranya buku sudah tidak terlalu basah dan bisa coba lagi nanti jika memang dibutuhkan.

Jika kondisi buku atau dokumen sudah mendingan dengan artian sudah tidak basah kuyup dan hanya lembab saja kalian bisa letakkan dokumen atau buku tadi di tempat yang sirkulasi udaranya cepat seperti di jendela.

Cara ini sama seperti menggunakan kipas angin tetapi tanpa modal dan bisa kalian diamkan sampai dokumen dan buku benar-benar kering. Jika kalian masih memiliki TV tabung kalian bisa letakkan dokumen di atas TV tabung karena di atas TV tabung hangat dan sudah biasa digunakan untuk mengeringkan kertas.

Jika sudah terkena air kertas yang ada di buku dan dokumen tidak akan sama seperti sebelumnya. Yang perlu kalian selamatkan yaitu tulisan supaya tetap bisa dibaca dan tidak sobek dan bukan mengembalikan seperti semula.

Itu saja pembahasan saya kali ini semoga bermanfaat bagi kalian yang baru saja mengalami musibah yaitu buku kalian terkena tumpahan air minum. Bingung kenapa keyboard di PC kalian mengetik sendiri? kalian bisa baca artikel mengenai keyboard yang mengetik sendiri di Komputer PC dan Laptop.


EmoticonEmoticon