Apa Boleh Tidak Ikut Training di Pabrik? Apa Tetap Akan Diterima Jadi Karyawan?

Apa Boleh Tidak Ikut Training di Pabrik? Apa Tetap Akan Diterima Jadi Karyawan?

KEPOINDONESIA.id
- Sebelum benar-benar diterima sebagai pegawai khususnya di pabrik biasanya kalian harus ikut training terlebih dahulu selama beberapa hari. Training ini pasti akan kalian jalani karena untuk mencoba dan mengenal lingkungan kerja.

Dalam masa training kalian akan mempelajari semuanya, mulai dari jobdesk kalian nanti, lingkungan kerja, serta kegiatan pada pegawai lainnya. Setelah masa training kalian bisa mulai bekerja tetapi tenang, kerjaan kalian tidak akan seberat pegawai lama.

Tetap sama tetapi biasanya lebih mudah selama beberapa bulan. Jika sudah beberapa bulan baru lah pekerjaan kalian benar-benar apa yang harus kalian kerjakan. Yang menjadi pertanyaan ialah apa boleh tidak ikut training?.

Pertanyaan ini banyak ditanyakan apapun alasannya. Untuk menjawab hal tersebut akan saya bahas secara tuntas di artikel ini. Supaya kalian tau dan berfikir lagi jika tidak ingin ikut training, karena training juga penting. 

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas sebelumnya. Seperti cara agar kakak yang menganggur mau bekerja serta apa itu yang dinamakan operator produksi dan kerjanya seperti apa.

Apa Saja Alasan Seseorang Tidak Ikut Training Kerja?


Alasannya bermacam-macam tetapi yang paling masuk akal yaitu karena sakit pas waktu training dan memang tidak bisa ikut training karena suatu hal. Apabila sakit kalian bisa sertakan surat keterangan dokter supaya pihak HRD percaya.

Tetapi jika karena alasan lain saya kira ini membuat kalian diragukan apabila ingin bekerja di perusahaan tersebut. Walaupun masa training mudah tetapi disarankan tetap berangkat sampai masa training selesai apapun yang terjadi.

Apa Boleh Tidak Masuk Training Beberapa Hari?


Semua sebenarnya tergantung dari pihak perusahaan, tetapi jika alasannya sakit dan ada surat keterangan dari dokter seharusnya tidak masalah. Pihak perusahaan harusnya tau bahwa sakit tidak bisa diatur sesuai dengan keinginan kita.

Tetapi biasanya HRD atau bagian personalia akan menjadi ragu karena baru training saja sudah sakit apalagi kedepannya. Jadi jika tidak sakit parah dan masih bisa untuk ikut training seharian lebih baik kalian tetap ikut training.

Berapa Training Kerja di Sebuah Perusahaan?


Seperti yang sudah saya katakan lama training kerja tergantung dari perusahaanya. Paling cepat biasanya 3 hari dan paling lama bisa sampai 3 bulan atau 6 bulan. Saat training tetap dapat gaji hanya saja tidak penuh.

Karena masih training ini kesempatan kalian untuk bertanya-tanya, misalnya ada yang kurang paham. Karena jika sudah selesai training kalian baru bertanya ini akan membuat kalian seperti orang yang tidak tau dan hanya bisa tanya saja.

Apa Tidak Ikut Training Bisa Tidak Jadi Diterima Kerja?


Rata-rata iya, karena training atau masa percobaan sangatlah penting. Perusahaan ingin tau apakah kalian bisa beradaptasi atau tidak dan ingin melihat cara kerja kalian apakah bagus atau tidak dan apakah layak atau tidak.

Memang rata-rata training itu mudah, tetapi banyak kasus walau mudah tetapi tidak bisa dilakukan karena memang tidak ada passion pada kerjaan tersebut. Apabila masa percobaan tidak berhasil atau malah tidak berangkat maka tidak akan diterima kerja dan tanda tangan kontrak.

Jadi apa boleh tidak ikut training? jika kalian ingin diterima saran saya wajib ikut training. Tetapi jika kalian merasa tidak cocok resign atau berhenti saat training bisa dan boleh dilakukan dan ini lebih baik daripada sudah diterima dan baru beberapa hari kerja malah berhenti.

Training sebenarnya menyenangkan, jadi lakukan saja. Kalian akan mendapatkan teman baru saat training dan akan menjadi teman kalian saat diterima nanti. Apabila kalian tidak ikut training kalian tidak kenal orang lain sama sekali apabila nanti diterima.

Itu saja pembahasan daya mengenai training, apa boleh tidak ikut atau tidak. Sebelum saya akhiri kalian harus tau cara mendapatkan legalisir fokokopi ijazah kalian. Masih banyak yang belum tau cara mendapatkan legalisir pada fotokopi ijazah.

Padahal caranya sangat mudah dan bisa kalian lakukan sendiri. Untuk legalisirnya sesuai dengan asal sekolah pada Ijazah. Prosesnya memang terkadang lama tetapi satu hari jadi dan bisa kalian tunggu pada jam kerja sekolahan.


EmoticonEmoticon