5 Solusi Aplikasi Google Maps Tidak Bisa Digunakan, Error, atau Tidak Tersambung

5 Solusi Aplikasi Google Maps Tidak Bisa Digunakan, Error, atau Tidak Tersambung

KEPOINDONESIA.id - Google Maps adalah aplikasi Maps dan Peta terpopuler untuk saat ini. Karena memang Google Maps dimiliki oleh Google dan secara tidak langsung Google Maps digunakan oleh semua pengguna perangkat Android.

Walau awalnya karena memang Google Maps merupakan aplikasi bawaan Google akan tetapi fungsi dan fitur yang ada sangat menarik perhatikan. Oleh karena itu tidak heran Google Maps menjadi salah satu aplikasi Maps dan Peta paling populer saat ini.

Dukungan Google Street View dan lengkapnya detail pada suatu kawasan memang menjadikan Google Maps sebagai aplikasi Maps andalan. Hanya saja mungkin yang perlu diperbaiki yaitu penentuan rute yang paling mudah dan cepat dilalui yang terkadang membuat pengendara menjadi kesasar.

Karena Google Maps akan secara otomatis mencarikan rute tercepat yang bisa dilalui oleh masing-masing kendaraan. Masalahnya rute tercepat biasanya rute yang benar-benar sulit bahkan tidak seharusnya dijadikan rute bagi pengendara yang baru pertama kali melakukan perjalanan ke tujuan tersebut.

Tetapi yang akan saya bahas kali ini bukan mengenai petunjuk atau rute dari Google Maps yang sering salah atau keliru melainkan solusi mengatasi aplikasi Google Maps yang tidak bisa dibuka atau terhubung.

Untuk tau solusi dan cara mengatasinya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas seperti cara mengaktifkan peta di Google Maps yang tidak muncul serta cara membuat titik biru yang ada di Google Maps menjadi akurat.


Cara Memperbaiki dan mengatasi Google Maps Yang Tidak Bisa Digunakan dan Tidak Bisa Terhubung


1. Pastikan Kalian Bisa Terhubung ke Internet


Secara umum Google Maps hanya bisa digunakan saat kalian terhubung ke internet atau saat kalian online. Jadi jika koneksi internet bermasalah aplikasi Google Maps tidak akan bisa digunakan dan tidak akan bisa tersambung.

2. Perbarui Aplikasi Google Maps


Google Maps di versi lawas sebenarnya masih bisa kalian gunakan. Tetapi jika versi yang ada di HP kalian sudah sangat lawas sekali kalian perlu memperbarui ke versi paling terbaru supaya Google Maps lebih lancar saat digunakan.

3. Izin Lokasi Tidak Diaktifkan


Hanya sekedar melihat-lihat saja sebenarnya kalian bisa menggunakan Google Maps tanpa mengaktifkan layanan lokasi atau GPS. Akan tetapi jika kalian ingin mengetahui lokasi kalian sekarang di Maps kalian wajib mengaktifkan layanan lokasi di pengaturan.

4. Hapus Cache Aplikasi Google Maps


Bisa saja aplikasi Google Maps tidak bisa dibuka karena aplikasi tersebut error. Untuk mengatasi error di aplikasi cara paling mudah yaitu menghapusnya dari Recent Apps, hapus cache, atau paksa berhenti aplikasi Google Maps jika memang bisa.


5. Reboot Perangkat


Misalnya dengan hapus cache dan menghentikan paksa aplikasi tidak berhasil kalian bisa coba reboot perangkat atau HP yang kalian miliki. Dengan melakukan reboot berharap aplikasi Google Maps tidak bermasalah lagi dan bisa digunakan.

Jadi itu dia beberapa cara untuk mengatasi atau memperbaiki aplikasi Google Maps yang tidak bisa dibuka dan digunakan. Umumnya jika tidak karena koneksi internet bermasalah ya karena aplikasi Google Maps versi paling lawas dan perlu diperbarui.

Itu saja pembahasan kali ini dan sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai hapus dan edit ulasan yang ada di Google Maps. Misalnya kalian sudah membuat ulasan dan kurang tepat kalian bisa edit atau jika perlu menghapusnya.


EmoticonEmoticon