4 Penyebab Sensor Fingerprint Tidak Berfungsi atau Tidak Bisa Digunakan

4 Penyebab Sensor Fingerprint Tidak Berfungsi atau Tidak Bisa Digunakan

KEPOINDONESIA.id - Hampir semua sistem keamanan di perangkat Android sudah menggunakan sistem keamanan Sidik Jari atau Fingerprint. Hanya beberapa saja yang tidak menggunakan karena perangkat tersebut termasuk perangkat low-end yang harganya tidak lebih dari 2 jutaan.

Di perangkat Apple seperti iPhone dan iPad sudah meninggalkan sistem keamanan Fingerprint dan menggantinya dengan sistem keamanan pemindai wajah atau yang lebih dikenal dengan Face ID.

Untuk pembahasan mengenai Face ID yang ada di iPhone saya sudah pernah membahasnya seperti Face ID yang off atau tidak berfungsi. Jadi jika kalian penasaran dengan pembahasan Face ID tadi kalian bisa baca artikel tersebut.

Dan pada artikel kali ini saya akan menjelaskan kenapa sensor Fingerprint atau Fingerprint tidak berfungsi untuk membuka kunci layar. Nama juga sensor pasti ada kegagalan dan ada penyebab yang bisa menyebabkan sensor tidak bisa membaca.

Oleh karena itu jika belakangan ini Fingerprint di HP kalian sulit digunakan dan sering tidak berfungsi kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca perbedaan Touch ID dan Fingerprint serta apa itu Pop Up Camera yang kameranya bisa tersembunyi.

Penyebab Sensor Sidik Jari di Android Tidak Berfungsi


1. Jari Yang Digunakan Tidak Sesuai


Umumnya pengguna akan mendaftarkan jari yang sama di tangan kanan dan kiri. Jika kalian mendaftarkan jari telunjuk baik di tangan kanan atau kiri kalian tidak akan bisa membukanya dengan jari lainnya termasuk ibu jari.


2. Jari Kotor


Selain mencegah sensor sidik jari yang tidak membaca tangan yang kotor atau basah juga bisa membuat sensor Fingerprint menjadi cepat rusak. Jadi jika jari kalian kotor seperti basah atau ada minyaknya lebih baik buka dengan Pola atau PIN.


3. Daftarkan Ulang Sidik Jari


Mungkin saja kalian sering melakukan pekerjaan yang berat yang bisa mempengaruhi sidik jari. Oleh karena itu jika dirasa sensor sidik jari sudah mulai kesusahan membaca sidik jari kalian lebih baik kalian daftarkan ulang.


4. Perangkat Error


Sedangkan untuk penyebab terakhir yaitu karena perangkat kalian error atau bermasalah. Ini sering terjadi jika HP yang kalian gunakan tidak pernah di reboot atau dimatikan. Solusinya kalian bisa reboot dan lakukan reboot rutin minimal 1 bulan sekali.

Jadi itu saja pembahasan kali ini mengenai sensor Sidik Jari atau sensor Fingerprint yang tidak berfungsi. Penyebab paling umum yaitu karena jari kalian kotor dan sensor kesulitan membaca sidik jari yang ada di jari kalian.

Dulu di Samsung sensor Fingerprint diletakkan di tombol Home. Nah misalnya tombol Home di HP kalian tidak berfungsi kalian bisa baca artikel mengenai tombol Home yang ada di Android tidak berfungsi padahal bisa ditekan.


EmoticonEmoticon