Perbedaan Tool Crop dan Cut, Jangan Disamakan

Perbedaan Tool Crop dan Cut, Jangan Disamakan

KEPOINDONESIA.id - Kalian pasti pernah melakukan Crop pada foto yang baru kalian ambil menggunakan kamera HP kalian. Selain itu kalian juga perlu Cut sebuah video di aplikasi video editing karena bagian video tersebut tidak penting atau memang tidak layak untuk ditampilkan.

Tetapi apakah kalian berfikir antara Crop dan Cut sebenarnya sama atau berbeda? Cut yang saya bahasa kali ini yaitu Cut yang ada di aplikasi video editing dan Crop yang saya maksud juga Crop yang ada di aplikasi Photo Editing.

Jika disederhanakan keduanya memiliki fungsi yang sama. Hanya saja objek dan bagian yang dipotong yang berbeda. Karena dari konteks nya juga berbeda foto atau gambar dengan video yang memang jelas beda.

Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan mengenai perbedaan antara fungsi Cut dan Crop yang ada di aplikasi editing. Saya akan jelaskan hal yang membedakan Cut dan Crop sepengetahuan saya supaya kalian lebih paham lagi.

Namun sebelum lanjut ke pembahasan Crop dan Cut kalian bisa baca artikel menarik lainnya. Seperti apa yang dimaksud dengan Footage serta tips mengatasi rendering video yang lama atau tidak berjalan.

Crop, Crop sendiri merupakan sebuah tindakan memotong foto, gambar, atau sebuah video. Memotong disini yaitu memotong dimensi atau aspek rasio dari foto atau video. Atau jika di video bisanya disebut dengan ZOOM video supaya bagian tertentu tidak tampil dan disembunyikan.

Teknik memotong atau cropping bisa Freeform atau sesuai aspek rasio yang sudah disediakan seperti Persegi, 4:3, 7:5, 16:9, Wallpaper, Sampul Facebook, atau bisa Custom sesuai dengan kebutuhan.

Cut, Sama seperti Crop yaitu fungsi Cut ialah Potong. Hanya saja jika Crop dimensi foto atau video yang dipotong sedangkan Cut memotong durasi video. Jadi fungsi Cut hanya di aplikasi video editing saja sedangkan Crop ada di aplikasi video editing dan photo editing.

Contohnya kalian bisa Cut video yang awalnya memiliki durasi 25 menit bisa kalian potong menjadi 10 menit saja. Bebas ingin Cut di bagian mana karena kalian bisa memotongnya sesuka hati.

Kesimpulannya Cut tindakan memotong durasi video sedangkan Crop memotong dimensi foto atau gambar dan video. Sama-sama memotong hanya saja berbeda komponen yang dipotong. Selain itu Cut juga memiliki fungsi pindah jika kalian menggunakan File Explorer dan File Manager.

Supaya hasil potongan video terlihat smooth perlu yang namanya transisi. Saya juga pernah membahas mengenai apa itu yang dinamakan transisi. Jika kalian belum tau fungsi dan cara kerja transisi kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas sebelumnya.


EmoticonEmoticon