3 Faktor Penyebab Proses Rendering Video Lama

3 Faktor Penyebab Proses Rendering Video Lama

KEPOINDONESIA.id - Rendering adalah proses terakhir saat kita melakukan editing video. Singkatnya setelah video selesai di edit kalian perlu merender atau export video tersebut supaya hasil editing yang sudah kalian lakukan bisa tersimpan. 

Menyimpan hasil editing video dengan merender bisa memakan waktu yang cukup lama. Semakin tinggi kualitas video, semakin banyak efek dan editing yang digunakan maka semakin lama juga proses renderingnya.

Faktor dari file, hasil editing, serta dukungan hardware sangat mempengaruhi lama export atau render video. Selain mempengaruhi proses rendering, hardware juga mempengaruhi proses editing video.

Oleh karena itu perangkat yang digunakan untuk editing video dan rendering video bukanlah perangkat yang memiliki spesifikasi yang pas-pasan. Baik pada laptop, komputer, ataupun smartphone

Jika di ponsel Android kalian bisa menggunakan Kinemaster untuk mengedit video. Untuk hasil rendering yang memuaskan dengan aplikasi Kinemaster, disarankan kalian menggunakan HP yang memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Kembali ke topik, apasih yang menyebabkan proses rendering lama atau penyebab render lama? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi lama tidaknya proses rendering video. Untuk lebih jelasnya kali ini saya akan membahas faktor-faktor yang bisa menyebabkan proses penyimpanan video lama.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang berkaitan tentang editing video. Seperti penyebab aplikasi VidMate tidak bisa dibuka dan penyebab video YouTube hanya di 480p dan 720p.

Penyebab Proses Render Video Lama


Hardware Kurang Mendukung


Yang pertama yang paling memungkinkan menyebabkan proses export video menjadi lama yaitu karena hardware yang kalian gunakan kurang mendukung. Sebagai contoh kalian menggunakan Laptop keluaran lama yang menggunakan prosesor jadul. 

Karena aplikasi editing yang kalian gunakan cukup berat seperti Adobe Premiere Pro, Sony VEGAS Pro, atau Adobe After Effects pastikan bahwa Laptop yang kalian gunakan memenuhi spesifikasi minimum menggunakan ketiga aplikasi editing video diatas.

Hasil Editing Terlalu Banyak


Berikutnya yaitu karena terlalu banyak proses editing yang sudah kalian lakukan. Sebagai contoh terlalu banyak menambah efek, transisi, ataupun filter pada video yang kalian edit. Sebenarnya ini wajar saja supaya hasil video yang kalian render bagus. 

Tetapi kalian harus pastikan bahwa perangkat yang kalian miliki mampu merender semua komponen yang kalian gunakan. Jika Komputer kalian kentang tetapi terlalu banyak menggunakan efek dan transisi maka proses render dijamin akan lama. 

Kualitas Export Terlalu Tinggi


Sebagai contoh kalian memilih merender video dengan kualitas full HD 1080p. Karena spesifikasi perangkat yang kalian gunakan terlalu pas-pasan maka proses render bisa berjalan sangat lama. Selain lama kemungkinan gagal juga bisa terjadi.

Seperti yang saya katakan tadi, untuk penambahan efek atau transisi dalam video serta kualitas rendering wajib kalian perhatikan berdasarkan kemampuan perangkat yang kalian gunakan. 

Nah itu dia beberapa penyebab yang bisa menyebabkan proses rendering video lama. Jika ingin cepat gunakan aplikasi editing video yang ringan, kurangi penggunaan efek, transisi dan lain-lainnya serta pilih resolusi video yang rendah.

Karena selain bisa menyebabkan proses rendering lama atau gagal, merender video besar pada spesifikasi perangkat yang pas-pasan bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat yang kalian gunakan.

Dan bagi kalian yang tidak tau cara meningkatkan suara video dengan aplikasi Kinemaster, kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas. Pada artikel tersebut sudah saya jelaskan cara menambah volume video dengan aplikasi Kinemaster.


EmoticonEmoticon