Lama Proses Perpanjangan SIM Secara Offline

Lama Proses Perpanjangan SIM Secara Offline

KEPOINDONESIA.id - Walaupun 5 tahun sekali memperpanjang SIM atau Surat Ijin Mengemudi perlu kalian lakukan. Jangan sampai kalian lupa atau bahkan sengaja tidak memperpanjang jika tidak ingin keluar uang lebih.

Tidak seperti pajak jika telat akan terkena tenda, untuk SIM tidak seperti itu. Seperti yang kalian ketahui walaupun telat 1 hari jika sudah telat pemohon tidak akan bisa memperpanjang SIM dan harus membuat baru kembali.

Nah jika biaya perpanjang SIM lebih murah 50% dari pada membuat baru maka saran saya lebih baik diperpanjang. Selain murah prosesnya perpanjang SIM jelas lebih mudah dan sederhana tidak seperti saat membuat SIM baru.

Saat membuat SIM baru ada beberapa rangkaian dan tes yang perlu kalian lewati. Bisa saja selesai dalam 1 hari tetapi rata-rata bisa 1 minggu karena ada yang namanya ujian praktek. Sedangkan perpanjang SIM tidak.

Berapa lama proses perpanjang SIM? apakah memang lebih cepat?. Untuk perpanjang secara offline di Satlantas atau SIM keliling bisa selesai dalam 1 hari. Tetapi jika lewat online kemungkinan lebih lama walaupun terlihat lebih mudah.

Untuk tau lebih jelas mengenai lama proses perpanjangan SIM secara offline khususnya di SIM keliling kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca solusi masa aktif kartu perdana tidak bertambah serta letak dari nomor SKCK.

Lama Proses Perpanjangan SIM


Dari pengalaman saya memperpanjang SIM secara offline di SIM keliling dari mulai melayani prosesnya tergolong cepat. Kenapa saja lebih memilih SIM keliling? karena antriannya sedikit dan yang pasti tidak ramai seperti saat di Satlantas.

Untuk lamanya tergantung dari nomor antrian yang kalian dapatkan. Saya mendapatkan nomor antrian 25 kurang lebih memakan waktu 1 jam lebih sedikit dari awal pendaftaran hingga SIM jadi.

Jika kalian mendapatkan nomor antrian dibawah 10 atau 5 maka prosesnya akan lebih cepat lagi. Memang paling banyak waktu terbuang hanya untuk mengantri, akan tetapi lebih mudah dan lebih santai tidak seperti saat di Satlantas karena pastinya akan ramai.

Bolehkan Perpanjang SIM Sebelum Masa Berlakunya Habis


Menurut petugas boleh saja asalkan pemilik SIM bersedia. Karena jika di perpanjang sebelum masa berlaku habis khususnya yang masih kurang 15 hari atau lebih maka tanggal penerbitan SIM nya akan maju.

Sebagai contoh SIM lama kalian habis pada tanggal 1 November 2022. Dan kalian perpanjang saat tanggal 20 Agustus 2022. Maka nantinya masa berlaku SIM tersebut akan maju yang seharusnya 1 November 2027 menjadi 20 Agustus 2027.

Bagi saya ini tidak masalah apalagi jika kalian ingin bepergian jauh seperti sebagai Tenaga Kerja Indonesia atau karena faktor lainnya yang memungkinkan tidak bisa perpanjang SIM saat waktunya akan habis.

Sebelum saya akhiri mungkin ada yang penasaran, apakah status pekerjaan atau yang lainnya di SIM bisa diubah saat perpanjangan? tentu saja bisa. Kalian bisa ubah dan katakan langsung kepada petugas. Misalnya dari Mahasiswa bisa kalian ubah menjadi Pegawai atau Wiraswasta.

Itu dia penjelasan dari saya mengenai lama proses perpanjangan SIM dan boleh tidak perpanjang SIM sebelum masa berlakunya habis. Ingin mengetahui jadwal SIM keliling? kalian bisa cek di akun media sosial Satlantas di kota kalian atau bisa tanya ke grup lokal daerah kalian.


EmoticonEmoticon