Tekanan Angin Ban Sepeda Motor dan Mobil

Tekanan Angin Ban Sepeda Motor dan Mobil

KEPOINDONESIA.id - Tekan angin ban yang kurang menurunkan kenyamanan pengendara saat mengendarai kendaraan. Tekanan angin tiap-tiap kendaraan berbeda beda. Misalnya tekanan angin mobil dan motor tidak boleh disamakan.

Tekanan angin atau tekanan udara bisa disesuaikan pengguna sesuai dengan kebutuhan. Untuk kenyamanan berkendara bisa menggunakan tekanan angin yang tidak terlalu tinggi karena bisa menyebabkan ban menjadi keras.

Selain itu jika kalian ingin merasanya kenyamanan berkendara kalian tidak boleh mengurangi tekanan udara terlalu banyak. Jika tekanan angin kurang roda akan berat berputar dan membuat kendaraan terasa berat.

Tekanan yang kurang bisa menyebabkan ban menjadi cepat rusak karena selalu tertekan. Lalu berapa tekanan udara atau tekanan angin yang ideal untuk mobil dan sepeda motor? Pasti kalian penasaran bukan?

Untuk tau tekanan ban yang ideal kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Saya akan menjelaskan tekanan udara yang cocok dan ideal untuk sepeda motor dan mobil supaya tidak terlalu keras atau tidak kekurangan angin.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Kalian bisa baca beberapa tingkat kekentalan oli serta tips mengatasi suspensi sepeda motor keras dan tidak nyaman.

Tekanan Angin Ban Motor


Karena umumnya berat sepeda motor masing-masing tipe sama maka untuk tekanan angin ban sepeda motor sama saja alias tidak ada perbedaan tekanan angin baik motor bebek, matik, atau sport.

Untuk motor bebek dan matik bisa menggunakan tekanan angin 29 – 30 psi untuk ban depan dan ban belakang 31 – 33 psi. Karena motor sport cenderung lebih berat untuk ban depan 32-34 psi sedangkan ban belakang 39-41 psi.

Tekanan Angin Ban Mobil


Tidak seperti ban sepeda motor untuk tekanan angin ban mobil tergantung dari jenis mobilnya. Ada 4 jenis mobil yang umum di Indonesia yaitu City Car, MPV, Sedan, dan SUV. Masing-masing memiliki tekanan angin yang berbeda untuk keempat ban nya.

Untuk tipe City Car tekanan angin yang disarankan 29-32 psi, tipe MPV 30-33 psi, tipe Sedan 29-31 psi, sedangkan tipe SUV 35-40 psi. Tekanan tersebut adalah tekanan standar dan dalam prakteknya bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.

Karena tekanan angin ban sulit di kontrol asalkan masih nyaman di kendarai kalian tidak perlu mencemaskannya. Karena tekanan ban akan terus berkurang seiring berjalannya waktu dan penggunaan.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan tentang tekanan ban motor dan mobil semoga bermanfaat bagi kalian semua. Sebelum saya akhiri kalian perlu tau penyebab yang bisa menyebabkan sepeda motor brebet seperti kehabisan bahan bakar.


EmoticonEmoticon