Pengertian Platform Serta Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Platform Serta Fungsi dan Jenisnya

KEPOINDONESIA.id - Ada banyak platform media sosial yang bisa kalian gunakan untuk sekedar mencari hiburan dan menghilangkan rasa bosan. Yang sudah populer sejak dahulu seperti Facebook atau yang baru-baru ini muncul tetapi sudah terkenal seperti TikTok.

Tetapi sebenarnya apa yang disebut platform itu? sangat sering kita dengar istilah platform tetapi saya yakin yang tau benar mengenai apa itu platform sangat sedikit. Platform merupakan teknologi yang berupa software atau hardware.

Tetapi saya sering saya kenal yaitu platform yang ada hubungannya dengan software atau lebih tepatnya yang sifatnya digital. Jangan samakan platform dengan sistem operasi karena keduanya benar-benar berbeda.

Sistem Operasi bekerja diatas Platform yang artinya tanpa platform sistem operasi tidak akan ada. Supaya kalian tau maka di artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai apa itu platform serta fungsi dan jenisnya.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti solusi mengatasi App Store tidak bisa dibuka dan tidak bisa terhubung serta kenapa tawaran di Facebook Marketplace ditinjau terus.

Pengertian Platform


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Platform adalah sebuah program, rencana kerja, sebuah pernyataan dari kelompok partai tentang program kebijakan, sampai dengan mimbar, pentas, atau panggung.

Pengertian Platform menurut KBBI masih sangat umum dan sulit diartikan. Sederhananya platform bisa diartikan sebagai dasar atau wadah untuk mengembangkan dan menjalankan teknologi, aplikasi, proses dan lain-lainnya.


Fungsi Platform


Seperti yang sudah saya jelaskan, karena sebagai dasar atau wadah Platform sangat berperan penting muncul memunculkan dan menjalankan teknologi yang ada.

Jenis-Jenis Platform


Untuk jenisnya platform dibagi menjadi dua yaitu Software Platform dan Hardware Platform.Software Platform sebagai pondasi untuk menjalankan sebuah sistem dan rancangan yang berkaitan dengan Software atau Perangkat Lunak.

Sedangkan Hardware Platform merupakan jenis platform yang menjadi dasar atau landasan yang berkaitan dengan Hardware atau Perangkat Keras. Komponennya jika Hardware Platform maka perangkat keras sedangkan Software Platform pasti Perangkat Lunak.

Itu dia penjelasan mengenai Platform yang dapat saya sampaikan untuk kalian semua. Walaupun tidak terlalu lengkap dan kesannya saya rangkum akan tetapi saya harap kalian semua paham dan mengerti.

Sebelum saya akhiri bagi kalian pengguna Windows harus tau perbedaan folder Program Files (x86) dan Program Files. Walaupun terlihat sama akan tetapi sebenarnya keduanya berbeda dan kalian jangan sampai keliru.


EmoticonEmoticon