Makanan Ikan Sepat Yang Ada di Aquarium

Makanan Ikan Sepat Yang Ada di Aquarium

KEPOINDONESIA.id - Banyak yang tidak menyangka bahwa ikan Sepat termasuk ikan hias air tawar yang banyak dijual belikan di toko ikan hias atau toko Aquarium dan Aquascape. Dulu saya sempat berfikir bahwa ikan Sepat memang ikan yang bagus dan layak sebagai ikan hias.

Ukuran tubuhnya yang relatif kecil, bentuk yang mirip dengan ikan Gurami, serta corak warnanya yang banyak dan bervariasi menjadikan ikan ini layak dipelihara di Aquarium. Sepat cukup banyak ditemui di sungai dan kolam yang terhubung dengan sungai kecil.

Bisa mudah ditemui dan sangat sulit tergantung tempatnya. Kalian pasti tidak menyangka ikan Sepat dapat ditemui dan jumlahnya banyak di kolam yang hanya terhubung dengan aliran sawah. Tetapi jika di sungai atau di kolam yang besar terkadang sulit menemukan ikan ini.

Sepat termasuk dalam golongan Gurami dan menyebar di rawa-rawa dataran rendah di Thailand, Malaysia, dan Indonesia seperti di Sumatra, Kalimantan, dan Jawa. Bagi kalian yang suka memancing ikan ini sangat sulit dipancing karena ukuran mulutnya yang sangat kecil.

Jadi jika di pelihara di Aquarium apa saja makanan ikan Sepat? Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca tips memancing supaya dapat ikan yang banyak serta umpan mancing ikan betok yang manjur.

Karena Sepat termasuk ikan yang hidup di alam dan kemungkinan yang dijual di toko Aquarium dan Aquascape adalah ikan yang diambil dari alam maka kemungkinan hanya bisa makan pakan alami dan tidak bisa diberi pelet.

Karena ukuran mulutnya yang kecil sama seperti ikan Cupang pakan yang bisa kalian berikan yaitu jentik-jentik nyamuk. Karena badannya lebih besar dari Cupang maka porsinya juga lebih banyak.

Selain jentik-jentik nyamuk kalian juga bisa memberi pakan cacing dan kutu air. Telur semut dan semut juga bisa kalian berikan mengingat ikan Sepat termasuk omnivora atau memakan segalanya.

Untuk pelet kalian bisa mencoba pelet dengan ukuran paling kecil. Karena jika terlalu besar tidak akan muat di mulut ikan Sepat. Atau kalian bisa coba saja apa yang biasa kalian berikan kepada ikan hias yang kalian miliki.

Perbedaannya hanya pada ukuran pakan karena ukuran mulut ikan Sepat yang kecil. Tidak banyak yang menjual ikan Sepat misalnya kalian ingin memilikinya kalian bisa cari di alam karena cukup mudah ditangkap menggunakan seser.

Itu saja pembahasan mengenai pakan atau makanan ikan Sepat yang ada di aquarium semoga bermanfaat bagi kalian semua. Ingin tau istilah-istilah yang sering diucapkan pemancing? kalian bisa baca artikel yang sudah pernah saya bahas.


EmoticonEmoticon