Cara Mengatasi Kaca Visor Helm Yang Terlalu Kencang atau Yang Terlalu Kendor

Cara Mengatasi Kaca Visor Helm Yang Terlalu Kencang atau Yang Terlalu Kendor

KEPOINDONESIA.id - Visor pada helm saya anggap memang penting untuk mencegah benda-benda yang beterbangan masuk dan mengganggu penglihatan kita saat berkendara. Hampir semua helm yang sudah SNI pasti dilengkapi dengan visor.

Umumnya kaca visor yang digunakan ialah kaca bening, aman dan nyaman digunakan saat siang hari dan malam hari. Selain kaca bening atau Clear Visor, ada juga jenis visor lainnya seperti Smkoed Visor dan Mirroed Visor.

Tetapi yang jelas yang paling aman dan dijamin standar ialah Clear Visor. Visor bisa kalian gunakan jika dibutuhkan dan bisa kalian naikkan jika tidak dibutuhkan. Biasanya pengendara motor akan menaikkan visor jika jalan dengan kecepatan rendah atau saat berada di area yang asri seperti pegunungan.

Jika kalian membeli helm baru visornya pasti cukup kencang dan terkadang sulit untuk naik dan turun. Atau jika kalian memiliki helm lama dan sering jatuh maka terkadang visornya menjadi kendor bahkan bisa lepas.

Nah yang akan saya bahas kali ini yaitu solusi mengatasi kaca visor helm yang kendor atau yang terlalu kencang. Jika tidak bisa naik dan turun tidak hanya terlalu kencang akan tetapi bisa saja macet atau banyak kotorannya.

Untuk itu jika kalian mengalami salah satu dari masalah tersebut kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Namun sebelum lanjut kalian bisa baca artikel mengenai tips mengatasi suspensi depan motor yang jedug serta perbedaan antara Kilometer dan Mil.

Kaca Visor Helm Terlalu Kencang


Untuk mengatasi visor yang terlalu kencang jelas caranya yaitu dengan cara mengendurkannya. Tetapi jika visor sulit saat dinaikkan atau diturunkan itu bukan hanya disebabkan karena sekrup visor terlalu kencang.

Karena hal tersebut biasanya terjadi karena ada yang mengganjal, ada kotoran, atau bisa dikatakan karatan. Untuk mengatasinya silakan kalian lihat dan bersihkan jika ada kotoran atau ada benda yang mengganjal. Jika memiliki cairan pelumas dan penghilang karat kalian bisa semprot dengan cairan tersebut seperti cairan WD.

Kaca Visor Helm Terlalu Longgar


Jika helm kalian sering jatuh kemungkinan besar sekrup visor akan cepat longgar atau kendor. Asalkan hanya kendor saja bisa kalian kencangkan kembali menggunakan obeng dan pastikan sudah benar-benar kencang.

Tetapi jika kendor atau longgar karena faktor lainnya ini yang akan menjadi masalah. Seperti penghubung visor yang patah atau drat sekrup yang sudah dol. Tetapi yang jelas jika sering jatuh sekrup akan sering kendor dan harus kalian cek secara berkala.

Helm memang salah satu perlengkapan wajib saat berkendara menggunakan sepeda motor. Jangan sungkan menggunakan visor karena jika kalian berjalan 40KM/jam jelas angin yang menghadang wajah kalian akan semakin kencang.

Itu saja penjelasan saya kali ini pada artikel mengenai visor helm yang kendor dan terlalu kencang. Bagaimana jika helm yang terlalu sempit? untuk artikel ini sudah pernah saya bahas jadi kalian tinggal membacanya saja.


EmoticonEmoticon