Cara Memunculkan Enter di Keyboard Android Yang Sebelumnya Tidak Ada

Cara Memunculkan Enter di Keyboard Android Yang Sebelumnya Tidak Ada

KEPOINDONESIA.id - Banyak yang mengeluh kenapa terkadang keyboard yang ada di Andrroid tombol enternya tidak ada atau tiba-tiba hilang. Sebagai contoh saat pertama kali kalian menginstall dan menggunakan WhatsApp.

Maka tombol enter saat ingin mengetik tidak ada dan digantikan tombol Kirim. Selain itu saat kalian mengetik alamat situs di Address Bar seperti 'facebook.com'. Maka tombol enter tidak akan ada dan hanya ada tombol Pergi atau Go.

Selain itu tombol enter juga tidak ada di menu chat atau obrolan di game online. Jadi jika kalian menekan enter fungsinya sama seperti saat menggunakan WhatsApp yaitu Kirim. Nah yang menjadi pertanyaan kenapa seperti itu?

Kenapa tombol enter di papan ketik atau keyboard Android sering tidak ada? untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel ini sampai selesai. Saya akan menjelaskan kenapa tombol enter di Android terkadang hilang atau digantikan dengan tombol lain.

Namun sebelum lanjut ke pembahasannya kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya yang pernah saya bahas. Seperti cara mematikan ejaan di keyboard iPhone serta penyebab tombol angka di keyboard eksternal tidak berfungsi.

Sebenarnya tombol enter yang terkadang tidak muncul atau hilang disebabkan oleh pengaturan aplikasi. Karena keyboard di Android selalu memunculkan tombol enter apapun aplikasi keyboard yang kalian gunakan.

Jika ternyata saat di aplikasi tertentu tombol enter tidak ada maka di aplikasi tersebut memang tidak menyediakan tombol enter. Misalnya di kasus WhatsApp, kalian bisa mengaur fungsi tombol enter di Setelan.

Kalian buka Setelan lalu pilih Chat. Untuk menampilkan tombol enter di chat WhatsApp silakan kalian nonaktifkan opsi Enter untuk mengirim. Tetapi jika kalian suka dengan fungsi kirim yang menggantikan tombol enter kalian bisa aktifkan dan gunakan opsi tersebut.

Sedangkan di aplikasi lain saya tidak yakin ada pilihan tersebut seperti di browser atau di game online. Jika tombol enter tidak ada dan digantikan dengan tombol lain kalian tidak akan bisa mengaturnya seperti di WhatsApp.

Kesimpulannya bukan keyboard Android yang tidak ada tombol enter tetapi terkadang tombol enter dibatasi dan digantikan oleh tombol lain saat digunakan didalam aplikasi tertentu. Jika kalian gunakan di aplikasi yang biasa tombol enter tetap ada.

Sebelum saya akhiri jika kalian mengali keyboard eksternal atau keyboard Laptop tidak berfungsi saat ditekan dan kadang menekan sendiri kalian bisa baca artikel yang pernah saya bahas mengenai solusi keyboard tidak tidak bisa digunakan untuk mengetik.


EmoticonEmoticon