Penyebab Tombol Angka di Keyboard Tidak Berfungsi

Penyebab Tombol Angka di Keyboard Tidak Berfungsi

KEPOINDONESIA.id - Ada beberapa perbedaan antara keyboard Laptop dengan keyboard eksternal untuk perangkat desktop. Tidak hanya itu, ternyata sesama keyboard eksternal juga biasanya memiliki perbedaan yang sama.

Perbedaan yang saya maksud ialah ada atau tidaknya tombol numerik atau Numeric Keypad. Numeric Keypad adalah tombol yang bisa kalian gunakan untuk menambahkan angka layaknya tombol numerik yang ada pada Typing Keys.

Bedanya tombol angka yang ada di Typing Keys terletak di bawah tombol Function Keys sedangkan Numeric Keypad berada di sisi kanan keyboard dan dibuat khusus untuk melakukan penginputan angka secara cepat.

Sayangnya tombol angka yang ada di Numeric Keypad tidak otomatis aktif seperti tombol angka yang ada di Typing Keys. Karena selain menjadi Numeric Keypad tombol angka tersebut juga berfungsi sebagai Control Keys.

Oleh karena itu kalian harus mengaktifkan dan menonaktifkan fungsi tersebut terlebih dahulu. Fungsi nya dapat kalian atur menggunakan tombol NumLock. Saya sendiri pernah membahas tentang tombol tersebut.

Sebelum lanjut lebih dalam kalian bisa baca beberapa artikel menarik lainnya. Seperti cara membuat garis Kop Surat di Microsoft Word serta perbedaan dari tombol Delete dan Backspace.

Mudahnya jika NumLock tidak aktif tombol Numeric Keypad akan berfungsi layaknya Control Keys. Bisa kalian gunakan untuk bernavigasi ke atas, ke bawah, ke kanan, dan ke kiri. Karena tidak tau banyak orang yang tidak sadar.

Mereka mengira bahwa keyboard yang mereka gunakan sudah rusak, karena tombol angkanya tidak bisa digunakan. Sebenarnya masih bisa menggunakan tombol angka yang ada di Typing Keys, tetapi posisinya cukup merepotkan.

Untuk bisa mengaktifkan tombol angka yang tidak berfungsi kalian bisa menekan tombol NumLock terlebih dahulu. Setelah indikator NumLock aktif maka semua tombol angka yang ada di Numeric Keypad bisa kalian gunakan.

Untuk mematikan atau memindah fungsi ke tombol navigasi kalian bisa menekan tombol NumLock sekali lagi dan nantinya tombol Numeric Keypad akan berfungsi sebagai tombol navigasi.

Kesimpulannya tombol angka yang tidak berfungsi disebabkan karena fungsi NumLock. NumLock digunakan untuk mengunci tombol supaya berfungsi sebagai tombol numerik. Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Ingin menandai email yang ada di Gmail? jika kalian tidak tau cara menandai email di Gmail kalian bisa baca artikel tentang cara menandai email yang ada di Gmail. Dengan menandai email kalian bisa membaca dan menghapus email dengan lebih cepat.


EmoticonEmoticon