Cara Mengatasi Subtitle Tidak Bisa Diatur Posisi dan Ukurannya Teksnya

Cara Mengatasi Subtitle Tidak Bisa Diatur Posisi dan Ukurannya Teksnya

KEPOINDONESIA.id - Keluh kesan menonton movie atau film luar yang kalian dapatkan dari internet yaitu pada subtitle. Karena tanpa subtitle bagi kalian yang tidak paham mengenai bahasa dari film yang kalian tonton maka kalian hanya akan melihat gambar saja.

Sebagai contoh film atau movie yang menggunakan Bahasa Inggris. Ada beberapa permasalahan yang biasa terjadi pada subtitle. Mulai subtitle yang tidak lengkap, terpotong, terlalu cepat, terlalu lambat, dan lain sebagainya.

Dan yang akan saya bahas kali ini yaitu mengenai mengatur subtitle. Subtitle pada movie atau anime bisa diatur dan ada yang tidak bisa diatur. Tergantung hardsub atau bukan. Untuk tau jawabannya kalian bisa baca artikel kali ini sampai selesai.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca pembahasan lainnya yang sudah pernah saya bahas. Seperti cara menghilangkan subtitle video menggunakan MX Player serta cara menampilkan subtitle video menggunakan aplikasi UC Browser.

Kenapa Subtitle Tidak Bisa Diatur Posisi dan Ukuran Teksnya?


Karena subtitle pada movie atau anime yang kalian tonton merupakan subtitle hardsub yang sudah menempel di video yang dibuat dengan cara mengedit video. Subtitle ini tidak bisa kalian atur sama sekali termasuk untuk menghilangkannya.

Apakah subtitle hardsub bagus? sebenarnya bagus saja tetapi terkadang ada yang kurang dan tidak bisa di edit atau dihilangkan. Oleh karena itu untuk anime atau movie yang tidak populer saya sarankan jangan pilih yang hardsub.

Subtitle Yang Seperti Apa Yang Bisa Diatur Ukuran Teks dan Posisinya?


Subtitle softsub baik yang kalian tambahkan sendiri secara manual atau yang ikut dalam file video .MKV. Jadi rata-rata untuk video .MKV sudah termasuk subtitle nya yang berupa softsub bisa kalian  atur.

Sedangkan untuk .MP4 biasanya hanya berupa video tanpa subtitle atau video dengan subtitle tetapi hardsub. Untuk bisa memunculkan subtitle softsub dan mengeditnya kalian bisa gunakan aplikasi pemutar video seperti MX player VLC Media Player.

Yang perlu kalian ingat bahwa hardsub tidak akan bisa diedit sama sekali subtitle nya dan tidak bisa dihilangkan. Sedangkan softsub bebas kalian atur dan edit sesuka hati misalnya kecepatannya atau ukuran dan warna teks nya.

Tanpa bantuan aplikasi pemutar video seperti VLC Media Player atau MX Player softsub tidak akan akan bisa muncul atau tidak dapat kalian tambahkan. Oleh karena itu install saja VLC atau MX Player untuk smartphone.

Sekian pembahasan dari saya mengenai subtitle yang tidak bisa diatur dan di setel dan mengenai subtitle yang bisa disetel dan diatur. Sebelum saya akhiri kalian bisa baca artikel mengenai video yang tidak bisa dibuka dan diputar sama sekali.


EmoticonEmoticon