Pengertian Aplikasi Portable di Windows Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengertian Aplikasi Portable di Windows Serta Kelebihan dan Kekurangannya

KEPOINDONESIA.id - Banyak aplikasi berat yang ada di perangkat Windows membuat beberapa pengguna memilih aplikasi portable atau software portable yang lebih praktis digunakan. Tidak banyak yang tau tetapi ada yang namanya aplikasi portable.

Yang biasa dilakukan yaitu menginstall aplikasi secara full lewat installer, selain memakan ruang penyimpanan yang banyak cara ini juga kurang efisien jika kalian selalu menggunakan perangkat yang berbeda untuk melakukan suatu pekerjaan.

Walaupun terlihat lebih baik dari pada aplikasi full version tetapi nyatanya aplikasi portable tidak lebih bagus dari pada full version. Hanya saja versi ini ada supaya pengguna bisa menginstall dan menggunakan aplikasi walaupun perangkat tidak mendukung.

Untuk tau lebih jelas mengenai aplikasi portable saya akan menjelaskannya sedikit untuk kalian. Selain saya jelaskan pengertiannya saya juga akan membahas kelebihan dan kekurangan menggunakan aplikasi portable.

Namun sebelum lanjut kalian bisa baca beberapa artikel lainnya yang pernah saya bahas siapa tau bermanfaat. Seperti apa fungsi dari perintah Cut atau Potong serta tutorial cara menggunakan Windows Defender yang benar.

Apa Itu Aplikasi Portable?


Seperti namanya aplikasi portable memiliki sifat portable yang bisa dibawa kemana-mana. Aplikasi versi portable biasanya disimpan di perangkat portable juga seperti Flashdisk dan bisa dijalankan tanpa proses penginstalan.

Atau mudahnya aplikasi portable mirip seperti sebuah file yang bisa dijalankan dengan perintah Open/Buka. Tanpa proses penginstalan aplikasi dapat berjalan dengan lancar layaknya aplikasi full version yang melalui proses installer.

Kelebihan Aplikasi Portable


Walaupun kelebihan paling mencolok dari aplikasi portable yaitu bisa dibawah kemana-mana dan bisa digunakan di semua perangkat yang terhubung dengan penyimpanan aplikasi portable tadi, tetapi bukan itu penyebab orang menginstall aplikasi jenis ini.

Kebanyakan orang menginstall aplikasi portable version karena menyiasati penyimpanan perangkat yang pas-pasan. Karena dengan disimpan ke penyimpanan eksternal seperti Flashdisk aplikasi bisa dijalankan tanpa perlu proses penginstalan.

Praktis bisa dibawa kemana saja dan bisa dijalankan di perangkat apa saja yang memang mendukung. Kita tidak akan bisa mendapatkan kepraktisan bersamaan dengan kinerja maksimal, pasti ada kekurangannya.

Kekurangan Aplikasi Portable


Kekurangan utama aplikasi versi portable yaitu dari segi fitur, jelas fitur yang ada dibatasi atau terbatas. Selain itu versi aplikasi tidak sama dengan full version, karena pengembangan aplikasi hanya fokus ke aplikasi full version saja.

Untuk tau apakah cocok dengan kalian serta apakah fitur yang kalian butuhkan ada atau tidak kalian bisa coba terlebih dahulu. Tetapi jangan harap kinerja maksimal karena aplikasi portable hanya memudahkan saja.

Bisa dibilang aplikasi portable atau software portable hanya cocok untuk menggunakan instan saja. Sebagai contoh kalian perlu mengecek sesuatu dengan aplikasi yang ada di perangkat utama kalian.

Dengan versi portable kalian bisa menjalankan dan menggunakan aplikasi di perangkat orang lain dengan menghubungkan penyimpanan eksternal yang terdapat aplikasi portable, dengan begitu kalian bisa melakukan pengecekan dengan perangkat orang lain.

Itu saja yang bisa saya jelaskan semoga bermanfaat untuk kalian semua. Kalau bisa install aplikasi full version untuk mendapatkan fitur yang lengkap dan aplikasi yang stabil saat digunakan.

Ingin melakukan perintah di CMD Windows? kalian harus tau cara membuka jendela CMD dengan mudah. Ada banyak sekali yang bisa kalian lakukan dengan CMD salah satunya melakukan PING koneksi internet saat koneksi internet terasa lambat.


EmoticonEmoticon